Lil Miquela, Influencer Virtual dengan Followers Instagram 1,4 Juta

25 September 2018 12:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Lil Miquela (Foto: dok. Instagram @lilmiquela)
zoom-in-whitePerbesar
Lil Miquela (Foto: dok. Instagram @lilmiquela)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sosok muse, model atau influencer sering kali dimanfaatkan oleh brand fashion dunia untuk memperkenalkan koleksi terbarunya. Beberapa nama seperti Gigi Hadid, Bella Hadid, Karlie Kloss, hingga Rosie Huntington sering dijadikan muse dari brand fashion kenamaan dunia.
ADVERTISEMENT
Lain halnya yang dilakukan oleh rumah mode asal Prancis, Balmain. Baru-baru ini Balmain, memberi nuansa yang berbeda pada kampenya untuk koleksi musim Pre-Fall 2018. Balmain menggunakan tiga supermodel virtual yang digarap melalui sistem computer generated imagery (CGI).
Melalui tangan Olivier Rousting selaku sosok di balik kreatif Balmain, ia menggandeng seorang fotografer sekaligus seniman digital asal UK Cameron-James Wilson untuk menciptakan "Balmain Army virtual". Sebelumnya, sosok Wilson telah dikenal dengan model virtual ciptaannya bernama Shudu, yakni supermodel CGI pertama di dunia. Kemudian ia menciptakan Margot dan Zhi, selanjutnya bersama Shudu mereka bertiga bergabung dalam kampanye Balmain.
Dilansir Refinery29, Olivier memberi gambaran sosok Margot dan Xhi dari imajinasinya. Margot sendiri adalah seorang perempuan Prancis yang diimpikan Olivier sedangkan Xhi adalah seorang gadis China dengan potongan rambut yang trendi. Tercatat dalam membuat koleksi pakaian digitalnya, Balmain mendapatkan bantuan dari agensi digital CLO.
ADVERTISEMENT
Namun sebelum kehadiran tiga model virtual di kampanye Balmain. Sebelumnya terdapat dua influencer virtual bernama Bermuda dan Lil Miquela yang diciptakan sangat mirip dengan manusia. Bahkan sosok influencer virtual cantik yang dikenal dengan nama akun Lil Miquela memiliki follower mencapai 1,4 juta pada akun Instagramnya.
Lil Miquela (Foto: dok.Instagram @lilmiquela)
zoom-in-whitePerbesar
Lil Miquela (Foto: dok.Instagram @lilmiquela)
Influencer virtual bernama Miquela Sousa ini tinggal di Los Angeles. Miquela muncul pertama kali di Instagram pada pertengahan tahun 2016 dan ditampilkan sebagai perempuan berusia 19 tahun keturunan Brazil dan Spanyol.
Memasuki bulan ketiga, Instagram Miquela meraih 65.000 follower. Foto-fotonya membuat orang bertanya-tanya apakah ia manusia atau bukan. Kebingungan salah satunya terjadi lantaran ada foto-foto Miquela bersama orang lain di tempat umum yang nampak seperti foto asli. Kadang gayanya bersandar, bergandengan, atau duduk berdekatan dengan orang lain di foto itu. Saking terlihat nyata, warganet pun menganggap Miquela merupakan mahasiswa seni rupa yang mengedit fotonya di Instagram.
Lil Miquela (Foto: dok.Instagram @lilmiquela)
zoom-in-whitePerbesar
Lil Miquela (Foto: dok.Instagram @lilmiquela)
Namun, serupa dengan 'Balmain army virtual', meskipun terlihat sangat realistis Miquela adalah sosok digital yang digarap melalui sistem computer generated imagery (CGI).
ADVERTISEMENT
Pada postingan Instagramnya, Miquela kerap mengenakan pakaian-pakaian dari brand kenamaan dunia seperti Supreme, Prada, Chanel, Porenza Schouler, Vetements, Vans dalam setiap postingannya. Bahkan ia juga kerap mengunggah kegiatannya di acara-acara fashion bersama influencer lainnya.
Bahkan Lil Miquela juga menjadi model pertama yang dipilih Prada untuk memamerkan koleksi fluorescent musim seminya kemarin. Miquela juga mengunggah kumpulan stiker hasil kerja sama Prada dengan Giphy dan Instagram.
Dilansir dari Vogue, Prada bukanlah merek pertama yang koleksinya dipromoskan oleh Miquela. Dirinya tercatat pernah memamerkan koleksi Genius dari Moncler dan PSWL milik Proenza Schouler. Dalam foto unggahan pertamanya, Miquela bahkan mengenakan atasan dari Sandy Liang.
Uniknya Miquela mengaku tidak dibayar oleh brand fashion tersebut, dalam sebuah wawancara ia mengaku hanya sering dikirimi barang-barang fashion dari beberapa rumah mode dunia.
ADVERTISEMENT
"Beberapa agensi model paling besar di dunia telah menghubungi saya," ucap Miquela dari dikutip Business of Fashion.
Dalam wawancaranya dengan Busines of Fashion, meskipun ia memberitahu brand-brand yang mengendorsenya, ia tetap menutup diri tekait identitas penciptanya.
Lil Miquela (Foto: dok.Instagram @lilmiquela)
zoom-in-whitePerbesar
Lil Miquela (Foto: dok.Instagram @lilmiquela)
“Saya coba untuk mendukung dan menandai brand yang saya suka, khususnya yang dibuat oleh para desainer muda,” paparnya kepada Business of Fashion.
Selain sebagai 'model', Miquela juga dikenal sebagai seorang musisi. Lagu debutnya, "Not Mine," tercatat di peringkat kedelapan dalam Spotify Viral, Agustus 2017 lalu.
Meskipun Miquela adalah sosok influencer virtual yang tercipta karena canggihnya teknologi. Keberadaan dan tampilannya hadir selayaknya influencer nyata di Instagram. Ia aktif berinteraksi dengan para followersnya, membalas komentar hingga berbagi pesan di direct message Instagram.
ADVERTISEMENT
Bahkan para penggemar Miquela memiliki julukan tersendiri yakni "Miquelites" yang jumlahnya ribuan.