Profil Derrick Michael Xzavierro, Pebasket Indonesia Pertama di NBA Academy

12 Mei 2021 12:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pebasket Indonesia, Derrick Michael, masuk NBA Global Academy. Foto: Dok @NBAAcademy
zoom-in-whitePerbesar
Pebasket Indonesia, Derrick Michael, masuk NBA Global Academy. Foto: Dok @NBAAcademy
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Basket nasional mendapat kabar baik dengan akan bergabungnya Derrick Michael Xzavierro ke NBA Academy. Ia adalah kandidat pertama dari Indonesia yang akan bergabung dalam kampus yang terletak di Canberra, Australia, itu.
ADVERTISEMENT
Pencapaian ini boleh jadi memang pantas didapatkan Derrick. Sebab, Marty Clarke selaku NBA Global Academy Technical Director juga menyatakan bahwa ia merupakan kandidat terbaik dari Indonesia.
"Derrick adalah kandidat terbaik dari Indonesia yang cocok dengan program kami. Kami menantikan kesempatan untuk membantu Derrick mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk tingkat berikutnya," jelasnya dalam rilis yang diterima wartawan.
Pada stori ini, kumparan menyajikan profil Derrick agar para pembaca bisa lebih mengenalnya. Silakan disimak.

Profil Derrick Michael Xzavierro, Talenta Basket Tanah Air di NBA Academy

Pebasket Indonesia, Derrick Michael, masuk NBA Global Academy. Foto: Dok @NBAAcademy
Derrick Michael Xzavierro adalah pebasket asal Jakarta. Posisi pemain kelahiran 1 April 2003 ini adalah forward dan tingginya 2,03 meter. Tinggi badan yang terbilang luar biasa untuk pemain berusia 18 tahun.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, wajar jika Derrick memiliki tubuh tinggi menjulang. Sebab, ayahnya yang bernama Lazare adalah pria asal Kamerun yang juga bertubuh sangat tinggi. Sementara itu, ibunya adalah perempuan asal Sumatera Utara.
Derrick mulai menjadi pusat perhatian kala bertanding di ASEAN Schools Games 2019 di Semarang, Jawa Tengah. Kala itu, ia berstatus sebagai pelajar kelas XI di SMA Ragunan.
Menurut situs web FIBA ASIA Cup, Derrick merupakan pemain klub Generasi Muda Shark yang berbasis di Jakarta. ia telah melakukan debut bersama Timnas Basket Senior Putra Indonesia di ajang FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers.
Derrick Michael (tengah) pada Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) 2020, Jakarta. Foto: dok Derrick Michael
Tepatnya pada 20 Februari 2020, Derrick Michael Xzavierro turun membela Timnas Basket Indonesia kontra Korea Selatan. Indonesia kalah dengan skor akhir 76-109, Derrick mencatatkan 2 Defensive Rebounds.
ADVERTISEMENT
Kini, Derrick akan semakin mengasah bakatnya di NBA Academy. Ia mengaku antusias untuk itu.
"Saya sangat senang bisa bergabung dengan NBA Global Academy untuk belajar dari para pelatih dan berlatih bersama para pemain bola basket terbaik, yang seumuran dengan saya, dari berbagai belahan dunia," kata Derrick.
"Ini adalah kesempatan besar untuk mengembangkan bakat saya dan menjadi langkah selanjutnya untuk menjadi pemain dan pemimpin yang lebih baik," lanjutnya.
***