Pekan Depan Jadwal MotoGP 2020 Dirilis, Hanya Ada 12-13 Balapan

4 Juni 2020 13:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Balapan di MotoGP Thailand di Buriram International Circuit, Minggu, (6/10/2019). Foto: AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA
zoom-in-whitePerbesar
Balapan di MotoGP Thailand di Buriram International Circuit, Minggu, (6/10/2019). Foto: AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA
ADVERTISEMENT
MotoGP segera mengikuti langkah Formula 1 mengumumkan kalender terbaru untuk musim balap 2020. Sama seperti Formula 1, MotoGP kemungkinan besar akan memusatkan balapan di wilayah Eropa dulu.
ADVERTISEMENT
Karena terganggu pandemi virus corona, ada 10 seri MotoGP musim ini yang dibatalkan dan dijadwalkan ulang. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyebut bahwa MotoGP bakal dimulai pada pertengahan Juli 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol.
Ezpeleta menjelaskan akan ada 12-13 seri yang berlangsung dari Juli hingga November. Beberapa sirkuit disebut akan melangsungkan dua balapan. Sementara itu, Ezpeleta belum bisa menjamin akan ada balapan di luar Eropa.
"Kalender balapan akan diumumkan pekan depan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, balapan dimulai di Jerez pada 19 Juli. Akan ada 12-13 balapan. Untuk balapan terakhir berlangsung pada awal November," kata Ezpeleta seperti dilansir situs resmi MotoGP.
"Namun, untuk balapan di luar Eropa masih harus kami pertimbangkan. Setelah dua balapan awal di Jerez, kami akan melihat apakah kalender balapan bisa berlangsung 12, 14, atau maksimal 16 seri," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Selain Jerez, beberapa sirkuit di Eropa yang diperkirakan bisa menggelar balapan MotoGP adalah Brno (Republik Ceko), Red Bull Ring (Austria), Aragon, Valencia, Barcelona (Spanyol), Misano (San Marino), atau Le Mans (Prancis).
CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. Foto: KARIM JAAFAR / AFP
Ezpeleta menjelaskan akhir Juli sebagai tenggat waktu untuk memutuskan apakah balapan di luar Eropa bisa dilangsungkan atau tidak. Ada empat seri MotoGP di Asia Tenggara dan wilayah Amerika sejauh ini belum dibatalkan.
"Untuk empat balapan di luar Eropa yang sampai saat ini belum dibatalkan: Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, dan Argentina, kami masih mengupayakan perizinan. Kami punya deadline untuk mengumumkan kepada publik apakah seri tersebut berlanjut atau batal," ujarnya.
Balapan MotoGP di Sirkuit Assen, Belanda. Foto: Twiiter: SRT Petronas Yamaha
MotoGP sudah mengumumkan jauh-jauh hari protokol keselamatan saat balapan. Satu di antaranya adalah mengurangi jumlah personel tim di garasi. Untuk kelas MotoGP diperbolehkan 40 orang di setiap tim pabrikan dan 25 orang di tim satelit.
ADVERTISEMENT
"Pada prinsipnya, kami ingin mengisolasi garasi dari hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan orang-orang yang tergabung dalam balapan MotoGP. Pada akhirnya hanya akan ada sekitar atau kurang dari 1.300 orang (dalam satu balapan)," pungkas Ezpeleta.
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!