MotoGP: Marc Marquez Bicara soal Persaingan dengan Adiknya Sendiri

5 Februari 2020 14:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pembalap MotoGP Repsol Honda 2020, Marc Marquez dan Alex Marquez (kanan) hadiri acara Repsol Lubricant Show di Shangrila Hotel, Jakarta, Rabu (5/3/2020). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pembalap MotoGP Repsol Honda 2020, Marc Marquez dan Alex Marquez (kanan) hadiri acara Repsol Lubricant Show di Shangrila Hotel, Jakarta, Rabu (5/3/2020). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MotoGP 2020 melahirkan hal menarik. Sang juara bertahan, Marc Marquez, bersaing dan berada satu tim dengan adiknya sendiri, Alex Marquez.
ADVERTISEMENT
Alex sudah resmi menggantikan tempat Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun dari MotoGP pada November tahun lalu. Ia bergabung dengan kakaknya di Tim Repsol Honda usai meraih gelar juara dunia Moto2 2019.
Pertanyaan pun muncul: Bagaimana cara mereka menyikapi persaingan sebagai pebalap di kelas dan tim yang sama? Marquez menjamin akan tetap bersikap profesional karena menurut rider 26 tahun itu, rival terdekat adalah rekan satu tim sendiri.
Pembalap MotoGP Repsol Honda 2020, Alex Marquez berbicara di acara Repsol Lubricant Show. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Dia adalah saudara saya, memang agak sedikit terasa aneh karena di satu sisi sangat penting menjaga kepercayaan diri kami untuk mengembangkan motor, berdiskusi tentang masalah yang dihadapi pada motor, dan membantu tim mengembangkan motor," kata Marquez di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (5/2/2020).
ADVERTISEMENT
"Di lain sisi, rekan satu tim selalu menjadi orang pertama yang harus bisa dikalahkan karena punya motor yang sama," ujarnya.
Marquez pun mengesampingkan status saudara kandung dengan Alex ketika berada di garasi dan lintasan. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu berkelakar, kalaupun harus memberi masukan atau saran, Marquez akan melakukannya di luar rutinitas balapan.
"Tentu saja saya akan mencoba membantunya, (tapi) di rumah. Di sirkuit saya tak bisa memberinya saran, tapi pada akhirnya kami punya staf teknik. Saya akan berusaha konsentrasi dengan box mesin saya, dia pun sama," tuturnya.
Pembalap MotoGP Repsol Honda 2020, Marc Marquez (kanan) tiba di acara Repsol Lubricant Show. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
"Penting untuk menjaga profesionalitas. Untuk menjadi juara dunia, Anda tak bisa memikirkan hal lain, yang ada hanya fokus pada tujuan dan mendorong diri semaksimal mungkin," pungkas Marquez.
ADVERTISEMENT
Sebelum memulai persaingan di MotoGP 2020, Marquez dan Alex akan lebih dulu bahu-membahu menemukan setelan motor terbaik pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 7-9 Februari 2020.