Kecelakaan Membawa Leani Ratri Oktila Jadi Juara Dunia Parabadminton

29 September 2018 19:13 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di kalangan olahraga parabadminton alias bulu tangkis bagi penyandang disabilitas, tim Indonesia disegani lawan. Indonesia punya pemain-pemain bergelar juara dunia, salah satunya Leani Ratri Oktilla.
ADVERTISEMENT
Ratri adalah mantan atlet nasional bulu tangkis umum. Namun sejak kecelakaan pada 2011 yang membuat kaki kirinya menyusut, Ratri memilih berbesar hati berpindah ke kelas disabilitas.
Perjuangan Ratri tidak mudah. Dia menerima berbagai penolakan dari orang-orang terdekat saat berencana menjadi atlet parabadminton.
Leani Ratri Oktila. (Foto: Charles Brouwson/kumparan)
Namun dia memilih tetap maju. Ratri melawan stigma dengan prestasi. Terbukti, dalam setiap kejuaraan internasional yang diikutinya, Ratri hampir selalu meraih medali emas.
Di Asian Para Games 2018 yang akan digelar pada 6-13 Oktober mendatang, Ratri ditargetkan oleh pelatihnya untuk meraih 1 medali emas. Namun target dari dirinya sendiri justru lebih besar: 3 medali emas. Ratri optimistis mampu meraihnya.
Tetapi di balik gemilang prestasi yang diraihnya, ada curhatan pilu yang menyesak di dada. "Adakah yang menonton saya?" katanya.
ADVERTISEMENT
Saksikan selengkapnya kisah Ratri pada Minggu (30/9). kumparan juga menyajikan kisah-kisah atlet penyandang disabilitas lainnya dari Kamis (27/9) hingga pembukaan Asian Para Games pada Sabtu (6/10) dalam topik Para Penembus Batas.