GP Spanyol: Duo Mercedes Kuasai Latihan Bebas Kedua

10 Mei 2019 21:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas usai balapan GP China 2019. Foto: REUTERS/Aly Song
zoom-in-whitePerbesar
Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas usai balapan GP China 2019. Foto: REUTERS/Aly Song
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Status Valtteri Bottas sebagai pebalap tercepat belum bisa disalip hingga latihan bebas kedua (FP2) tuntas. Berpacu di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Jumat (10/5/2019), pebalap Mercedes ini menyegel catatan waktu 1 menit 17,284 detik.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan latihan bebas pertama (FP1), posisi dua besar FP2 menjadi milik Mercedes. Lewis Hamilton menutup sesi ini sebagai pebalap tercepat kedua, berbekal catatan waktu 1 menit 17,333 detik.
Posisi tiga dan empat diamankan oleh duet Ferrari. Charles Leclerc merangkum catatan waktu yang 0,301 detik lebih lambat daripada Bottas. Sang senior, Sebastian Vetttel, menutup empat besar dengan catatan waktu 1 menit 17,673 detik.
Sesi latihan bebas dibuka dengan keberhasilan Bottas membukukan catatan waktu tercepat: 1 menit 18,259 detik. Tujuh menit berselang, giliran Hamilton yang turun lintasan. Memacu mobilnya dengan hard compound, Hamilton menjadi pebalap tercepat keempat sementara, dengan catatan waktu yang berselisih sekitar 0,8 detik dari Bottas.
Nah, enam menit berselang, Vettel mulai menunjukkan tajinya dengan menggeser Bottas. Ia mengamankan catatan waktu 1 menit 17,673 detik. Bila dihitung-hitung, torehannya itu lebih cepat 0,027 detik ketimbang rekan setimnya, Leclerc.
ADVERTISEMENT
Tapi, catatan waktu kedua pebalap ini untuk sementara berhasil mengungguli Bottas. Berbeda dengan Bottas, duo Ferrari sama-sama menggunakan soft compound.
Leclerc tahu bahwa kesempatan untuk menjadi pebalap tercepat masih terbuka lebar baginya. Toh, FP2 juga belum sampai 45 menit. Pebalap asal Monako ini akhirnya berhasil mengungguli seniornya, Vettel. Catatan waktunya yang lebih cepat 0,08 detik dari Vettel mengantarkannya sebagai pebalap tercepat sementara.
Aksi duo pebalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, di GP China 2019. Foto: REUTERS/Thomas Peter
Melihat tayangan ulang, Vettel melakukan sedikit kesalahan saat hendak memasuki Turn 12. Manuvernya ini membuatnya kehilangan waktu sepersekian detik.
Bagi orang awam macam kita, sih, kebanyakan akan berpikir, ya sudahlah, 'kan cuma berapa detik. Tapi, di atas lintasan balap, jarak antara kemenangan dan kekalahan sering kali tak lebih dari sedetik.
ADVERTISEMENT
Penggunaan soft compound sepertinya menjadi kunci lain yang mengantarkan duo Ferrari tampil impresif di awal-awal FP2. Strategi itu pun disadari oleh duet Mercedes dan memang terbukti manjur--setidaknya untuk sementara.
Catatan waktu 1 menit 17,410 detik milik Hamilton membawanya jadi pebalap tercepat sementara begitu ia melaju dengan soft compound. Begitu pula dengan Bottas yang menggunakan compound serupa. Hebatnya, Bottas juga langsung berhasil menyalip torehan rekan setimnya itu. Kini, keduanya berjarak 0,126 detik.
Lewis Hamilton melakoni sesi latihan di Sirkuit Internasional Shanghai. Foto: REUTERS/Thomas Peter
Hingga paruh pertama FP2 selesai, para penggawa Mercedes menduduki posisi dua besar. Di belakangnya mengekor Leclerc dan Vettel.
Oke, kesampingkan dulu persaingan dua tim ini. Kita beralih sebentar ke kiprah Haas yang tak bisa diremehkan. Di paruh pertama, catatan waktu Romain Grosjean dan Kevin Magnussen ada di posisi keenam dan ketujuh. Magnussen bahkan lebih cepat dari penggawa Red Bull Racing, Pierre Gasly.
ADVERTISEMENT
Hingga FP2 menyisakan 19 menit, catatan waktu legenda hidup Robert Kubica masih bercokol di peringkat paling bawah. Penggawa Williams F1 Team ini memang juga sudah menggunakan soft compound.
Tapi, catatan waktunya masih berjarak sekitar 3 detik dari pemuncak sementara. Mengutip hasil komunikasinya dengan tim, Kubica mengalami masalah pada ban mobilnya.
Kebangkitan Kubica dari hiatus tentunya membuat para penikmat F1 berharap ia sanggup menjadi kejutan. Maka, tak ada salahnya untuk berharap kejutan itu akan muncul di GP Spanyol.
Sepuluh menit jelang FP2 tuntas, Max Verstappen mulai menunjukkan 'batang hidungnya'. Hingga di menit ini, catatan waktunya ada di angka 1 menit 18,035 detik. Ia menjadi pebalap tercepat kelima sementara. Secara hitung-hitungan peringkat, pencapaian di momen ini tentu lebih baik ketimbang latihan bebas pertama (FP1).
ADVERTISEMENT
Di FP1, penggawa Red Bull Racing ini ada di peringkat 12. Yang jadi pertanyaan, apakah catatan waktunya membaik? Untungnya, iya. Kini, catatan waktu Verstappen 1,809 detik lebih cepat daripada torehannya di FP1.
Pada akhirnya, Mercedes menutup FP2 dengan dominasi. Bottas ada di puncak, Hamilton ada di peringkat kedua. Sementara, Ferrari masih menjaga asa untuk tampil impresif bahkan merebut podium puncak di GP Spanyol.
Berkaca dari hasil FP1 dan FP2, tekad itu rasanya tak muluk-muluk. Toh, di kedua latihan bebas ini catatan waktu Leclerc dan Vettel tidak pernah terlempar dari empat besar.
Sebelum melakoni sesi balapan pada Minggu (12/5/2019) pukul 20:10 WIB, para pebalap masih akan melakoni latihan bebas ketiga pada Sabtu (11/5/2019) pukul 17:00 WIB. Sementara, sesi kualifikasi bakal berlangsung pada Sabtu (11/5/2019) pukul 20:00 WIB.
ADVERTISEMENT