FP2 GP China: Bottas Tercepat, Vettel Kedua

12 April 2019 14:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Valtteri Bottas di sesi latihan bebas GP China 2019. Foto: GREG BAKER / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Valtteri Bottas di sesi latihan bebas GP China 2019. Foto: GREG BAKER / AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Latihan bebas kedua (FP2) Formula 1 GP China 2019 menelurkan Valtteri Bottas sebagai pebalap yang menyegel catatan waktu tercepat. Berpacu di atas Sirkuit Internasional Shanghai pada Jumat (12/4/2019), penggawa Mercedes itu sukses mengamankan catatan waktu 1 menit 33,330 detik.
ADVERTISEMENT
Keberhasilan Bottas menjadi yang tercepat memantapkan/memperbaiki torehannya pada FP1. Di sesi perdana tersebut, catatan waktu 1 menit 34,653 detik milik pebalap berkebangsaan Finlandia ini mengantarkannya sebagai pebalap tercepat kelima.
Di belakang Bottas mengekor Sebastian Vettel sebagai pebalap tercepat kedua berkat torehan waktu 1 menit 33,357 detik. Menutup tiga besar, ada Max Verstappen yang menuntaskan FP2 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 33,551 detik.
Sebagian besar yang menyaksikan Charles Leclerc berpacu di FP1 agaknya berharap ia akan menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua. Sayangnya, Leclerc menutup FP2 'hanya' sebagai pebalap tercepat ketujuh meski ia membuka sesi dengan keunggulan atas Lewis Hamilton.
Kalah cepat tak menjadi satu-satunya masalah yang membebani Hamilton di awal-awal sesi. Serupa dengan Lance Stroll di sesi latihan bebas pertama, mobil Hamilton berputar ketika menjejak di Turn 2 sehingga terhenti untuk sementara.
ADVERTISEMENT
Namun, bukan Hamilton namanya jika persoalan seperti itu mampu menghentikan sepak terjangnya. Delapan menit berselang, ia sudah sanggup mencatatkan namanya sebagai pebalap tercepat untuk sementara berkat catatan waktu 1 menit 34,226 detik.
Itu berarti, Hamilton unggul 0,045 detik atas Leclerc yang otomatis tergusur sementara ke posisi kedua. Menariknya, di waktu tersebut, posisi tiga besar ditempati oleh tiga tim berbeda: Hamilton dengan Mercedes, Leclerc dengan Ferrari, Max Verstappen dengan Red Bull Racing.
Tapi, salah besar jika mengira situasi tadi bertahan lama. Saat FP2 sampai pada menit ke-50, Bottas justru menggeser ketiganya dan merengkuh predikat pebalap tercepat sementara dengan waktu terbaik 1 menit 33,330 detik. Sementara, di peringkat kedua ada Vettel yang berselisih o,027 detik.
ADVERTISEMENT
Hingga FP2 menyisakan waktu 35 menit, Daniil Kvyat, menjadi satu-satunya pebalap yang belum membukukan catatan waktu. Tim Scuderia Toro Rosso mengonfirmasi bahwa mereka masih berupaya mengganti komponen power unit pada mobil Kvyat.
Penampilan Toro Rosso memang tak mengesankan di FP2 ini. Saat nasib Kvyat masih terkatung-katung, catatan waktu penggawa lainnya, Lando Norris, hanya mampu membuatnya bertengger di urutan kedelapan sementara.
Kabar baiknya, saat FP2 tinggal 30 menit lagi, Kvyat sudah mampu menggeber mobilnya dan mematrikan catatan waktu 1 menit 35,166 detik. Sadar sudah banyak kehilangan waktu, Kvyat langsung menjajal percobaan keduanya beberapa menit berselang.
Hasilnya pun, yaaaah... tak jelek-jelek amatlah. Catatan waktu 1 menit 34,694 detik membuatnya ada di urutan ke-13.
ADVERTISEMENT
Ngomong-ngomong, pemilihan ban untuk permukaan trek yang dinilai cukup bumpy menjadi teka-teki paling rumit yang mesti dipecahkan oleh setiap tim di Sirkuit Internasional Shanghai.
Kompon C2, C3, dan C4 untuk sementara dianggap sebagai yang paling tepat. Kebanyakan front-runner memang bermain aman, dengan menggunakan kompon C4.
Jadi, seperti itulah rangkuman sesi latihan bebas kedua. Hasilnya cukup menarik karena FP1 dan FP2 ditutup dengan daftar pebalap tercepat yang cukup bervariasi.
Nah, rangkaian pra-balapan masih akan berlanjut ke FP3 pada Sabtu (13/4/2019) pukul 10:00 WIB dan ditutup dengan kualifikasi pada pukul 13:00 WIB. Balapan GP China 2019 yang bergelar sebagai balapan ke-1.000 F1 akan dihelat pada Minggu (14/4/2019) pukul 13:10 WIB.
ADVERTISEMENT