Dahsyat! Inilah 5 Pro Player dengan Harga Transfer Tertinggi

10 Februari 2021 14:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ONIC juara Piala Presiden eSports 2019 Foto: Jofie Yordan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
ONIC juara Piala Presiden eSports 2019 Foto: Jofie Yordan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Para pemain eSports di kancah kompetitif memang selalu menjadi sorotan. Nama Lemon dari Rex Regum Qeon (RRQ) dan Ryzen dari Bigetron pasti sudah tak asing bagi penikmat Mobile Legends dan PUBG Mobile.
ADVERTISEMENT
Perlu diakui, eSports memang punya daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Bukan hanya kompetisi yang begitu hidup, melainkan juga para pro player mampu menjadi sosok idola baru.
Setiap tim tak jarang diperkuat pemain dengan nama besar. Selain dua yang disebutkan di awal tadi, Jess no Limit dan Oura yang kini terkenal sebagai content creator juga lahir dari ekosistem ini.
Pemain Mobile Legends, Jess No Limit. Foto: EVOS Esports
Kehidupan para pemain profesional ini tak luput dari perhatian para penikmat. Salah satu yang selalu diikuti adalah perkembangan dan kepindahan pemain, termasuk juga biaya transfer.
Khusus di skena Mobile Legends sendiri, jual beli pemain sangat sering terjadi. Kemudian yang membuat penasaran adalah berapa harga yang harus dibayarkan untuk membeli pemain tersebut.
ADVERTISEMENT
Memang sebenarnya tak ada transfer pemain yang benar-benar terbuka di ranah eSports. Pihak tim maupun penyelenggara tidak banyak memberikan informasi terkait kepindahan pemain.
Harga transfer seorang pemain biasanya diketahui berdasarkan rumor atau dari mulut ke mulut. Berikut ini, kami coba membuat daftar pro player yang memiliki harga transfer tinggi berdasarkan informasi yang ada:
Sanz didatangkan Onic dari Victim Esports untuk menggantikan posisi Udil yang hijrah ke Alter Ego. Bersama Victim, Sanz berhasil meraih juara di gelaran Mobile Legends Development League (MDL).
Dalam sebuah acara di YouTube mantan pemain Evos, Jonathan Liandi, Psychoo yang merupakan mantan rekan setim Sanz di Onic mengungkapkan harga transfer Sanz lebih besar dari Udil.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, kocek yang harus dikeluarkan Onic untuk memboyong Sanz mencapai Rp 600 juta. Sementara harga transfer Udil ke Alter Ego diketahui berada di kisaran Rp 300 juta.
Evos secara resmi mendatangkan Antimage dari Onic selepas Mobile Legends Premier League (MPL) Season 6. Sebelumnya, pemain dengan nama Maxhill Leonardo ini pernah terlihat berlatih dengan tim berlogo macan putih.
Udil yang sebelumnya juga pernah berbagi seragam yang sama dengan Antimage mengungkapkan harga transfer pemain offlaner tersebut dibuka dua kali lipat dari harganya.
“Terakhir kali sih dibukanya dua kali (harga transfer gue) ngerti lah. Namanya juga baru buka, nanti ada tawar-menawarnya, ada prosesnya,” ungkap Udil dalam live streaming di Nimo TV.
ADVERTISEMENT
Kepindahan LJ dari RRQ Hoshi ke Evos Legends adalah sebuah kejutan yang terjadi usai MPL Season 6. Bukan hanya karena Josh pemain hebat, tetapi juga harganya yang selangit.
Sebelumnya, RJ membawa Aerowolf menjadi kampiun MPL Season 1. Kemudian ia bersama RRQ Hoshi menjadi jawara berturut-turut pada MPL Season 5 dan 6.
Dari daftar ini, LJ jadi pemain dengan harga transfer yang tinggi. Diketahui, Evos menyiapkan Rp 1-2 miliar untuk mendapatkan jasa pemain ini dari RRQ Hoshi.
Siapa yang tak kenal Lemon. Pemain dengan nama lengkap Muhammad Ikhsan ini bisa dibilang ikon dari RRQ karena perjalanan kariernya sebagai pro player dimulai dari tim asal Jakarta tersebut hingga kini.
ADVERTISEMENT
Pemain yang disebut-sebut sebagai Alien ini dibanderol dengan harga Rp 15 miliar Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO RRQ, yaitu Andrian Pauline.
"Ini bukan saya mau jual Lemon ya, tapi mungkin harga dia lebih dari entry MPL. Dengan seluruh pencapaian dia bagi tim, dia ikon Mobile Legends. Gak tau hati saya bakal lega atau tidak kalau ada yang nebus Lemon Rp15 Miliar," ungkap Andrian Pauline dikutip dari YouTube Jonathan Liandi.
Yang paling mengejutkan datang dari tim Bigetron divisi PUBG Mobile. Ryzen, yang kini memperkuat Bigetron Red Aliens dibanderol dengan harga Rp 50 miliar. Tiga kali lipat dari Lemon.
Adalah mantan CEO Bonafide Esports, StMichael, yang membocorkan harga transfer Ryzen. Informasi ini disebut-sebut berasal dari CEO Bigetron Esports, yakni Edwin.
ADVERTISEMENT
"Kemarin gue sempet ngomong sama Koh Edwin, harga Ryzen misalkan mau ada yang buy out itu sekarang udah ada di kepala Rp 50 miliar," ungkap StMichael dalam live streaming di Nimo TV dengan CGO Revival TV, Irlie Wijanarko.
****