Bodyweight Workout ala Wulan Guritno Selama Masa Pandemi

4 Juli 2020 16:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Workout Weekend kumparan. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Workout Weekend kumparan. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lewat Workout Weekend, aktris Wulan Guritno berbagi tips menjaga berat badan selama masa pandemi ini. Selain mengatur pola istirahat dan makan, Wulan mengaku selama ini rutin melakukan bodyweight workout.
ADVERTISEMENT
Bodyweight workout merupakan sebuah bentuk latihan kekuatan yang menggunakan berat badan sendiri untuk memberikan perlawanan terhadap gravitasi.
Manfaatnya tentu saja tak sedikit, latihan ini bisa meningkatkan berbagai kemampuan biomotor, termasuk kekuatan, daya, daya tahan, kecepatan, fleksibilitas, koordinasi, dan keseimbangan.
Dalam kelas kumparan Bodyweight Workout, Sabtu (4/7), Wulan menjelaskan banyak manfaat yang didapat dari rutin melakukan bodyweight workout. Salah satunya adalah berat badannya yang tak pernah naik selama masa pandemi.
“Sebenarnya badan saya cepat banget melar ya, cuma karena rajin melakukan bodyweight workout, berat badan saya enggak naik selama pandemi. Karena selama pandemi ini kan sebenarnya banyak ketidakjelasan dan kebingungan, jadi dengan olahraga metabolisme tubuh saya jadi baik, peredaran juga jadi bagus,” ujar Wulan.
ADVERTISEMENT
Selain setiap hari melakukan bodyweight workout, ia juga mengaku sangat menjaga pola makan dan istirahat. Dua hal itu, lanjut Wulan, memegang peranan penting dalam membuat tubuhnya selalu bugar.
“Tidur yang cukup itu jadi salah satu kunci imunitas dan antibodi. Orang bilang,’Gue juga tidur 6-7 jam’, tapi tidur jam 3 pagi, ya sama aja bohong. Paling telat tidur itu jam 11 malam, karena dengan tidur cukup bisa mengatur stres kita,” ucapnya.
“Karena waktu stres, tidur enggak cukup dan makan enggak bener, stresnya malah makin menjadi-jadi. Untuk makanan, sebenarnya saya masih menikmati kok, cuma memang rendah karbohidrat dan gula,” lanjutnya.
Banyaknya manfaat dari bodyweight workout juga diungkapkan oleh coach Haji Chalfin. Menurutnya, bodyweight workout sangat tepat untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.
Artis Wulan Guritno saat menghadiri pemutaran film Reva Guna Guna di CGV Grand Indonesia Jakarta. Foto: Agus Afriyanto
“Dengan rutin melakukan bodyweight workout, bisa mendapatkan berat badan ideal. Kalau rutin melakukannya, otomatis ke depannya, badannya sendiri sudah seperti memiliki sinyal, kapan mau makan dan istirahat,” kata Chalfin.
ADVERTISEMENT
Bodyweight workout merupakan olahraga yang pas, karena dari badan yang gemuk akan menjadi kurus, dan yang kurus menjadi lebih berisi,” katanya.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.