5 Fakta Balapan MotoGP Mandalika: Marc Marquez Crash 4 Kali, Rekor Mario Aji

21 Maret 2022 18:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pembalap Marc Marquez (tengah) dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami kecelakaan saat sesi pemanasan balap MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022). Foto: Sonny Tumbelaka/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Pembalap Marc Marquez (tengah) dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami kecelakaan saat sesi pemanasan balap MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022). Foto: Sonny Tumbelaka/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rangkaian balapan MotoGP Mandalika 2022 telah berlangsung selama 18-20 Maret lalu. Ada sejumlah fakta menarik dari gelaran akbar balapan motor paling bergengsi di dunia yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, itu.
ADVERTISEMENT
Indonesia sudah lama tidak menggelar MotoGP. Terakhir kali, balapan dihelat di Indonesia pada 1997 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.
Ada sejumlah sejarah yang tercipta. Simak fakta balapan MotoGP Mandalika 2022 di sini.

1) Mario Aji Lewati Rekor 6 Pebalap RI

Mario Aji di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (19/3/2022). Foto: Dok Honda Team Asia
Mario Aji membuat dua pencapaian dalam ajang kelas Moto3 di Mandalika. Pertama, ia menjadi pebalap Indonesia pertama dalam sejarah yang mampu start dari baris terdepan, tepatnya ketiga.
Lalu ketika balapan, Mario memang gagal naik podium. Pebalap Honda Team Asia ini hanya finis ke-14, tetapi raihan ini lebih baik dari 6 pebalap Indonesia lain yang sebelumnya pernah menjajal Kejuaraan Dunia MotoGP di berbagai kelas dalam sejarah.

2) Pebalap Thailand, Somkiat Chantra, Cetak Sejarah Baru

Somkiat Chantra, pebalap Idemitsu Honda Team Asia di kelas Moto2 Kejuaraan Dunia MotoGP 2022. Foto: Honda Team Asia
Somkiat Chantra menjadi yang tercepat dalam balapan Moto2 Mandalika. Ia memulai balapan dari urutan keempat, lalu finis terdepan dan berhak naik podium teratas.
ADVERTISEMENT
Pencapaian ini membuatnya melangkahi rekor Ratthapark Wilairot, pebalap Thailand yang pernah eksis di Kejuaraan MotoGP kelas 250 cc dan Moto2 sepanjang 2006-2016. Sebab, Wilairot tak pernah naik podium dari 133 balapan yang dilakoninya.

3) Marc Marquez Crash 4 Kali di Sirkuit Mandalika

Marc Marquez melintas ketika sesi pemanasan di Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022). Foto: Willy Kurniawan/Reuters
Marc Marquez tercatat mengalami crash tak kurang dari 4 kali sepanjang sesi Free Practice hingga Warm Up MotoGP Mandalika. Pebalap Repsol Honda itu jatuh di Tikungan 7, 11, 12, 13.
Crash di Tikungan 7 saat sesi Warm Up adalah yang paling parah. Itu membuatnya dinyatakan gegar otak dan tak bisa ikut balapan MotoGP Mandalika.

4) Miguel Oliveira Menangi MotoGP Mandalika

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berpose saat ajang balap MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022). Foto: Bay Ismoyo/AFP
Miguel Oliveira menjadi pemenang MotoGP Mandalika 2022. Start dari urutan 7, pebalap Red Bull KTM Factory Racing itu berhasil finis terdepan di tengah balapan basah. Ia membuktikan kapasitasnya di lintasan basah.
ADVERTISEMENT
"Karena dia memiliki perasaan yang luar biasa pada motor. Dia tidak memacunya dengan liar, dia mengendalikannya dengan perasaan yang luar biasa," kata bos KTM Racing, Pit Beirer, kepada pada Speedweek.

5) Fabio Quartararo Naik Podium di Balapan Basah

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merayakan kemenangannya di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). Foto: Willy Kurniawan/Reuters
Fabio Quartararo start dari urutan terdepan, tetapi finis kedua di balapan MotoGP Mandalika. Juara Dunia MotoGP 2021 tak kecewa karena ini adalah raihan podium perdananya di lintasan basah.
"Saya senang. Saya mencetak poin penting dan ini adalah podium pertama saya di balapan dalam kondisi basah total," ucap Quartararo dikutip dari Tuttosport.