Penampakan Seram Awan Bersinar Merah 'Stranger Things' di Atas Samudra Atlantik

27 Juli 2022 9:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penampakan awan bercahaya di Samudera Atlantik oleh pilot. Foto: mohiemen/Reddit
zoom-in-whitePerbesar
Penampakan awan bercahaya di Samudera Atlantik oleh pilot. Foto: mohiemen/Reddit
ADVERTISEMENT
Sebuah postingan di media sosial viral beberapa hari lalu, memuat gambar penampakan awan yang tak biasa. Awan yang tampak menyeramkan itu memancarkan cahaya berwarna merah, mengingatkan kita pada awan merah gemuruh di serial Netflix 'Stranger Things'.
ADVERTISEMENT
Foto tersebut dijepret oleh seorang pilot yang terbang di atas Samudra Atlantik. Di postingan tersebut, pilot mengatakan “belum pernah melihat yang seperti itu”.
Dari diskusi netizen, ada yang mengatakan bahwa “oh musim terbaru Stranger Things sangat gila”, mengacu pada kemiripan awan di dunia Upside Down yang ada di serial Netflix tersebut. Bahkan, ada yang menyebut bahwa ‘rift’ atau portal Kaiju telah terbuka, merujuk pada film 'Godzilla' dan 'Pasific Rim'.
Penjelasan terkuat adalah cahaya tersebut berasal dari lampu kapal penangkap ikan sauri. Dikutip dari laman Delta, salah satu produsen lampu nelayan pemburu ikan sauri, kapal besar yang menangkap ikan sauri atau cumi biasanya dilengkapi lampu untuk menarik ikan dan cumi mendekat ke kapal.
ADVERTISEMENT
Satu kapal dapat dipasangi ratusan lampu LED dengan daya masing-masing 1000 hingga 4000W dipasang di bodi. Kadang kapal mengganti dengan lampu HID yang kuat namun boros daya.
Ikan sauri akan mendekat ke kapal karena tertarik dengan cahaya merah yang dihasilkan lampu. Kapal kemudian dengan mudah menangkap ikan yang sudah terlena dengan lampu kapal.
Kapal penangkap ikan sauri biasanya dilengkapi dengan lampu LED yang menarik ikan mendekati kapal. Foto: Delta
Ikan sauri yang biasanya popular di pasaran adalah ikan sauri pasifik (Cololabis saira), sementara di Samudra Atlantik, ada spesies sauri atlantik (Scomberesox saurus). Ikan sauri atlantik dapat ditemukan dari lepas pantai Kanada sampai Bermuda, menurut DailyMail.
Britannica melaporkan ikan sauri adalah ikan dari keluarga Scomberesocidae, atau kelompok ikan makerel. Ikan ini memilki bodi yang lonjong dengan panjang maksimal 35 cm.
Ilustrasi ikan Sauri Atlantik. Foto: Anna Jurkovska/Shutterstock
Ikan sauri, kata Departement of Fisheries and Aquaculture Kanada, memiliki mata sedang dan gigi runcing kecil. Sirip ekornya bercabang, dan sisiknya mudah terlepas.
ADVERTISEMENT
Hewan ini biasanya berwarna hijau zaitun di bagian punggung dengan pita perak di sepanjang sisinya dan memiliki sirip punggung berwarna hijau. Sauri muda umumnya biru tua di sisi punggung, naungan ke sisi perak dan perut.
Spesies ini tumbuh cepat, mencapai panjang maksimum 45 hingga 50 cm dan biasanya hidup 3 hingga 4 tahun.