Penampakan Meteor di Inggris Terlihat Tertangkap Kamera

18 September 2022 14:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penampakan meteor di Inggris, Rabu (14/9). Foto: UK Meteor Network
zoom-in-whitePerbesar
Penampakan meteor di Inggris, Rabu (14/9). Foto: UK Meteor Network
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ratusan bahkan ribuan orang di Inggris secara bersamaan melihat sebuah meteor membelah langit malam dengan menciptakan cahaya terang dan jejak lintasan yang panjang pada Rabu (14/9) pukul 10 malam waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Sejak penampakan tersebut, perdebatan muncul apakah meteor tersebut adalah meteor natural atau debris luar angkasa?
Kevin Morgan dari UK Meteor Network sebelumnya menyebut bintang jatuh itu berasal dari sampah luar angkasa.
Sementara beberapa pakar dan pengamat debris luar angkasa, seperti Dr. Marco Langbroek dari TU Delf, mengatakan tidak ada sampah luar angkasa (setidaknya di database mereka) yang cocok dengan lajur dan lintasan meteor.
"Kecepatan angular bola api di video terlihat terlalu cepat menurut saya,” kata Langbroek, seperti dikutip BBC.
Analisis terbaru menunjukkan bahwa bintang jatuh tersebut memang sebuah meteor dari serpihan batu luar angkasa, bukan debris luar angkasa macam satelit gagal orbit atau sisa roket.
UK Meteor Network, lembaga monitoring meteor di Inggris, menulis berdasarkan kecepatan dan lajur lintasan, dapat dipastikan meteor yang melintas jam 10 malam di Inggris tersebut adalah bagian serpihan kecil yang berasal dari asteroid.
ADVERTISEMENT
“Kami memiliki lebih banyak data berkat @meteordoc Denis Vida dan kami sekarang 100% yakin ini adalah bagian kecil dari asteroid. Lihat data UKMON terbaru di sini,” tulis UK Meteor Network melalui akun Twitter-nya.
Dari beberapa rekaman, meteor terlihat 10 hingga 20 detik di langit. Lintasan meteor diperkirakan berakhir di laut atlantik sisi utara Inggris.