Misteri Sumur Neraka Barhout: Tempat Para Setan 'Dipenjara'

25 Juni 2021 6:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Foto udara menunjukkan Sumur Barhout yang dikenal sebagai 'Sumur Neraka' di gurun provinsi Al-Mahra, Yaman. Foto: AFP
zoom-in-whitePerbesar
Foto udara menunjukkan Sumur Barhout yang dikenal sebagai 'Sumur Neraka' di gurun provinsi Al-Mahra, Yaman. Foto: AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fenomena unik seputar alam bisa muncul dari mana saja, termasuk sumur Barhout di Timur Yaman ini. Sumur berdiameter raksasa tersebut dianggap sebagai keajaiban alam sekaligus menjadi saksi bisu, cerita rakyat maupun kisah misteri yang ada di baliknya.
ADVERTISEMENT
Lokasinya berjarak 1.300 kilometer dari ibu kota Yaman, Sanaa. Lubang raksasa ini terletak di gurun daerah Al-Mahra dan memiliki diameter atau lebar sekitar 30 meter.
AFP melaporkan, Sumur 'Neraka' ini diperkirakan memiliki kedalaman antara 100 hingga 250 meter ke bawah permukaan bumi. Masyarakat sekitar menyebut, konon sumur itu dibuat sebagai penjara bagi para setan.
Cerita demi cerita kerap berkembang, ditambah fakta menarik bahwa sumur tersebut mengeluarkan bau busuk atau aroma tak sedap dari dalamnya. Pejabat sekitar sempat melakukan penyelidikan, namun hingga kini mereka belum mengetahui asal usul aroma tersebut berasal.
"Ini dalam sekali. Kami belum pernah mencapai dasar sumur ini karena minimnya oksigen (di bawah) dan tak ada ventilasi," kata Dirjen Survei Geologi dan Otoritas Sumber Daya Mineral Mahra, Salah Babhair.
ADVERTISEMENT
"Kami telah mengunjungi daerah itu dan memasuki sumur, mencapai lebih dari 50-60 meter ke dalamnya. Kami melihat hal-hal aneh di dalamnya. Kami juga mencium sesuatu yang aneh... Ini situasi yang misterius."
Foto udara menunjukkan Sumur Barhout yang dikenal sebagai 'Sumur Neraka' di gurun provinsi Al-Mahra, Yaman. Foto: AFP
Apa yang dikatakan Babhair bukan tanpa alasan. Di sumur ini, sinar matahari hampir tak bisa menerangi 100 persen dalamnya lubang ini. Meski begitu, rupanya di sana masih ada burung-burung yang terbang keluar masuk.
Suatu hari, seorang videografer sempat melakukan close up, mencoba mencari tahu pemandangan di bawah lubang ini. Dia mencoba mematahkan mitos yang beredar di sekitar bahwa segala sesuatu yang ada di atas lubang, pasti akan tersedot ke dalam.
Namun upayanya sia-sia. Dia tak menemukan apa apa dan tak mendapat tangkapan gambar dasar sumur yang berarti kecuali kegelapan total. Babhair menjelaskan, sumur tersebut sudah ada sejak lama dan diperkirakan usianya sudah jutaan tahun.
ADVERTISEMENT
"Tempat-tempat ini membutuhkan lebih banyak studi, penelitian dan penyelidikan," katanya.
Karena mengerikan dan mengeluarkan aroma busuk itulah sering beredar cerita miring terkait tempat ini. Beberapa bahkan mengatakan bahwa ada tokoh gaib seperti jin yang bersemayam di bawah sana.
Banyak penduduk lokal merasa gelisah jika diminta mengunjungi sumur ini atau bahkan membicarakannya. Mereka takut ditimpa nasib buruk dan ketiban sial gara-gara keberadaan lubang ini. Apalagi kondisi Yaman yang kini nyatanya sedang tidak baik-baik saja.
Negara ini telah terlibat dalam perang saudara sejak 2014 antara pemerintah dan pemberontak Huthi.
PBB mengatakan Yaman menderita krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan puluhan ribu tewas, jutaan mengungsi dan dua pertiga dari 30 juta penduduknya bergantung pada beberapa bentuk bantuan.
ADVERTISEMENT