Begini Cara Kenali Gejala Kanker Prostat Sejak Dini

16 September 2019 8:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi area kemaluan pria, Foto: derneuemann via pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi area kemaluan pria, Foto: derneuemann via pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di Amerika Serikat, kanker prostat diidap oleh ribuan pria setiap tahunnya. Setidaknya ada 175 ribu kasus kanker prostat sepanjang 2019 yang menyebabkan lebih dari 31 ribu korbannya meninggal dunia, demikian dilaporkan lembaga American Cancer Society.
ADVERTISEMENT
Penyakit ini merupakan jenis kanker paling banyak kedua yang diderita pria AS. Menurut laporan Medical Daily, satu dari sembilan pria di Negeri Paman Sam berpotensi terserang penyakit mematikan ini dalam hidup mereka.
Saat para pria ini memasuki usia 50 tahun, peluang mereka mengidap kanker prostat pun akan meningkat. Selain itu, ras juga disebut menjadi faktor pemicu kanker prostat. Para ahli berkata, orang kulit hitam dua kali lebih berisiko meninggal akibat penyakit ini, jika dibandingkan orang kulit putih.
Kamu juga patut waspada jika memiliki kerabat, ayah atau saudara laki-laki yang mengidap penyakit kanker prostat. Sebab, penyakit ini juga dapat dipicu oleh faktor keturunan. Semakin banyak keluargamu yang mengidap penyakit ini, maka akan semakin tinggi pula risiko terkena kanker prostat.
Prostat bermasalah. (Foto: Thinkstock)
Pemerintah AS, melalui American Urogical Association, mengimbau para pria di negaranya untuk melakukan pengecekan kanker prostat lebih dini, terutama mereka yang berada di rentang usia 55 hingga 69 tahun. Perawatan ini dilakukan demi mencegah efek samping dari penyebaran penyakit tersebut.
ADVERTISEMENT
“Kanker prostat bisa disembuhkan apabila terdeteksi sejak dini, terutama jika sel kanker masih berada di kelenjar prostat,” terang Alexander Kutikov, kepala onkologi urologis di Pusat Kanker Fox Chase di Philadelphia, AS, sebagaimana dikutip Medical Daily.
“Meski begitu, ada beberapa tipe kanker prostat yang agresif sehingga menyebar dengan cepat. Pada beberapa kasus, sedikit peluang untuk menyembuhkannya.”
Bagi para pria, penting bagi kamu untuk mengenali gejala-gejala pada kanker prostat. Jika bisa terdeteksi lebih dini, pengobatan untuk penyakit ini bukan tidak mungkin bakal lebih berpeluang untuk berhasil. Terlebih, ketika para penderitanya bisa segera mendapatkan perawatan.
Gejala kanker prostat
Perlu dicatat, kanker prostat sulit terdeteksi karena tidak banyak gejala yang muncul di stadium awal. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan PSA (Prostat spesifik antigen) atau DRE (digital rectal examination) untuk mendeteksi penyakit ini.
ADVERTISEMENT
Gejala kanker prostat biasanya akan muncul setelah penyakit tersebut berada di stadium akhir. Atau bisa juga saat kanker tersebut sudah menyebar keluar kelenjar prostat.
Berikut gejala-gejala kanker prostat yang bisa kamu kenali sejak dini:
- Sering buang air kecil
- Ada darah pada urine
- Air kencing terputus-putus atau keluarnya tidak lancar
- Merasakan sensasi terbakar sekaligus nyeri saat buang air kecil
- Mengalami disfungsi ereksi
- Merasa sakit ketika duduk karena prostat
- Pembengkakan atau penumpukan cairan di kaki
Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.