Yamaha D’elight 125, Skutik ‘Rasa’ Eropa

16 November 2021 18:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Yamaha D'elight 125  Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Yamaha D'elight 125 Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Yamaha D’elight 125 diperkenalkan untuk pasar Eropa, skutik dengan desain elegan dan stylish. Motor ini ditujukan untuk penggunaan harian serta mudah dikendarai.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari greatbiker.com, Yamaha D’elight menggendong mesin 125 cc 1-silinder dengan teknologi Blue Core dari Yamaha. Mesin ini juga sudah memenuhi standar gas buang Euro 5.
Tenaga yang dihasilkan sebesar 8,2 dk pada 7.000 rpm, tidak ada yang begitu spesial. Tetapi torsi sebesar 9,8 Nm-nya yang sudah dicapai pada 5.000 rpm, melihat konfigurasi torsinya, seharusnya D’elight lebih enak dibawa di jalanan perkotaan.

Desain

D’elight 125 sekilas mirip dengan Yamaha Grand Filano yang dijual di pasar Thailand. Garis-garis lekukan bodi yang membulat memberikan kesan retro dan klasik, selain itu tidak terdapat stiker livery dan penggunaan warna solid seperti putih, merah, dan hitam membuatnya tampil berkelas.
Yamaha D'elight 125 Foto: Dok. Istimewa
Profil desain keseluruhan pun layaknya motor skuter eropa kebanyakan, dek pijakan kakinya tinggi dan penggunaan jok yang tebal. Sektor kaki-kaki menggunakan profil yang cukup mungil dengan velg ukuran 12 inci untuk depan dan 10 inci di belakang.
ADVERTISEMENT
Untuk fiturnya terbilang sederhana, sebut saja Start & Stop Engine yang memungkinkan mesin mati selama beberapa detik ketika motor sedang dalam keadaan diam di situasi lampu merah atau kemacetan.

Fitur

Meski, tidak ada fitur-fitur kekinian seperti smart keyless, Y-Connect, USB charging port, meter cluster yang masih kombinasi analog dan digital, serta lampu full LED.
Yamaha D'elight 125 Foto: Dok. Istimewa
Namun, bagi mereka yang gemar dengan motor tampilan dan kelengkapan sederhana seperti ini mungkin akan sangat menyukai D’elight 125.
Fitur menarik dan unggulan lainnya seperti penempatan lubang tangki yang berada di sisi kiri dashboard depan sehingga lebih praktis saat mengisi ulang bahan bakar.
Karena peletakkan mulut tangki yang seperti itu, otomatis membuat ruang bagasi menjadi sangat luas, memang tidak seluas Freego atau Nmax, tetapi tetap mampu menaruh helm half-face dan masih menyisakan ruang lebih.
ADVERTISEMENT
Mekanisme bukaan jok dan tutup tangkinya pun sudah melalui tombol yang ada di sebelah rumah kunci kontak, sayangnya kuncinya masih menggunakan anak kunci biasa.
Yamaha D’elight 125 dijual dengan harga mulai EUR 2.900,00 atau sekitar Rp 50 jutaan. Bagaimana menurut pendapat Anda?
Yamaha D'elight 125 Foto: Dok. Istimewa

Spesifikasi teknis Yamaha D’elight 125

Mesin: 125 cc Blue Core SOHC 1-silinder 4-stroke 2-valve berpendingin udara
Tenaga: 8,2 dk/7.000 rpm
Torsi: 9,8 Nm/5.000 rpm
Sistem pengabut: Fuel injection
Sistem pengapian: TCI
Transmisi: V-belt automatic CVT
Bobot: 110 kg
Rem depan: Cakram dengan kaliper 1 piston
Rem belakang: tromol
Kapasitas tangki bahan bakar: 5,5 liter