Waspada, Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Pasang Kaca Film

3 Juni 2020 16:10 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kaca Film Foto: dok, Istimewa
Kaca Film Foto: dok, Istimewa
ADVERTISEMENT

Menyiasati panasnya terik matahari memasang kaca film pun jadi solusi. Namun, bagi sebagian pemilik mobil mungkin belum tahu hal apa yang tidak boleh dilakukan usai memasang kaca film.

ADVERTISEMENT

Jika salah, kemungkinan lapisan kaca film akan rusak atau bergelembung bisa saja terjadi. Umumnya, bengkel akan menyarankan tidak menaikkan atau menurunkan kaca terlebih dahulu.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Tampilan dalam Honda Brio RS Foto: Bangkit Jaya Putra

Linda Widjaja, Vice President Director PT V-Kool Indah Lestari menyarankan tidak menaik atau turunkan kaca paling tidak 2 x 24 atau 2 hari.

"Kaca film ditempelkan dengan lem pressure sensitive adhesive, prosesnya menggunakan media air agar mudah disesuaikan dengan posisi film dan kaca. Nah, setelah pemasangan, biasanya masih ada sedikit sisa air di lapisan kaca film. Tunggu sampai benar-benar menempel, menggerakkan kaca mobil dikhawatirkan buat kaca film bergeser, rusak, dan terlipat," jelasnya kepada kumparan, Rabu (3/6).

Read more!

Meski sudah terlihat menempel sempurna, sejatinya kaca film yang baru diaplikasikan pada kaca mobil masih dalam kondisi basah pada area dalamnya.

ADVERTISEMENT

"Hindari juga pemasangan sticker, suction cup bracket dan lainnya pada bagian kaca film. Ini bisa merusak kaca film itu sendiri dan meninggalkan bekas," timpal Linda.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi lahan parkir mobil. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Untuk mempercepat proses penempelan kaca film dia menyarankan agar mobil diposisikan di ruang terbuka yang terpapar sinar matahari langsung. Namun pastikan durasinya tak terlalu lama agar tak merusak lapisan cat mobil.

"Benar, karena hal ini (menjemur mobil) akan mempercepat menyatunya kaca film dengan kaca. Sisa air lebih mudah kering dan lem pada film akan lebih merekat," pungkasnya.

Solusi kaca film rusak

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

V-Kool perkenalkan paket kaca film Limited Edition Ultimate Solitaire Series, Rabu (11/12). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri

Jika kaca film baru terlanjur bergelembung sebaiknya datang kembali ke bengkel atau tempat pemasangan kaca film. Umumnya, mereka memberikan garansi pemasangan.

"Jangan mencoba memperbaiki sendiri, takutnya malah jadi robek. Nah, kalau sudah robek tidak bisa diperbaiki dan harus diganti. Semakin cepat diperbaiki makin bagus, maksimal seminggu setelah adanya keluhan," jelasnya.

ADVERTISEMENT

***

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.)

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.