Tutup Pabrik, Ini Rekam Jejak Jualan Nissan Sepanjang 20 Tahun Terakhir

31 Mei 2020 17:11 WIB
comment
6
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Nissan All New Livina di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Nissan All New Livina di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
ADVERTISEMENT
Rumor soal penghentian produksi mobil Nissan di Indonesia sudah berhembus sejak 2018 lalu. Ini lantaran penjualannya yang terus mengalami penurunan.
ADVERTISEMENT
Lantas aromanya semakin santer menjelang akhir 2019, bahkan sudah sampai ke pihak Kementerian Perindustrian informasinya.
Pabrik yang berlokasi Purwakarta itu diketahui tak lagi memproduksi kendaraan. Terakhir membuat mobil beremblem Nissan pada Januari 2019 dan merek Datsun di Januari 2020.
Kunjungan ke pabrik Nissan. Foto: dok. Nissan
Meski begitu, Nissan akan memanfaatkan fasilitasnya tersebut untuk memproduksi mesin untuk Xpander dan kembarannya Livina, serta merakit mobil berbasis listrik.
Namun sayangnya, informasi tersebut seolah menguap begitu saja setelah Nissan Motor Co. Ltd memberi pernyataan resmi perihal penutupan pabrik di Indonesia beberapa hari lalu.
Selain di Indonesia, kebijakan menutup fasilitas produksi juga dilakukan di Barcelona, Spanyol.
Nissan March Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Keputusan ini diumumkan sebagai dampak penurunan produksi pada April lalu sebesar 62 persen, dibandingkan periode sama pada 2019, terlebih karena dampak corona.
ADVERTISEMENT
Penjualan secara global juga turun drastis hingga 42 persen pada bulan lalu. Sementara pendapatan perusahaan juga terus anjlok sejak 2018, terkoreksi 14,6 persen terhadap revenue pada 2019.

20 Tahun Terakhir Nissan di Indonesia

Penjualan Nissan sempat di titik kejayaannya pada 2012 lalu, dengan angka wholesales (pabrik ke diler) mencapai 67.143 unit, dan menempatkannya di posisi ke-6 mobil terlaris di Indonesia.
Sumbangsih terbesarnya adalah MPV Livina, yang sepanjang 1 tahun penuh kala itu berkontribusi separuh lebih atau 34.129 unit. Lalu diikuti MPV bongsornya Nissan Evalia 10.691 unit.
Berikut penjualan 20 tahun terakhir Nissan di Indonesia.
Penjualan Nissan di Indonesia sepanjang 20 tahun terakhir. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Sayangnya, grafik Nissan mulai merosot pada tahun berikutnya, dan sempat sesaat terbantu dengan hadirnya merek Datsun pada 2014, dengan dua produk LCGC-mereka GO dan GO+.
ADVERTISEMENT
Hingga pada akhirnya di 2020, Datsun tumbang dan Nissan menyetop aktivitas produksinya.
Penjualan Datsun di Indonesia 2014 sampai 2020. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.