Toyota Yaris Punya Varian Crossover di Thailand, Tampangnya Jadi Begini

21 September 2021 12:51 WIB
ยท
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Toyota Yaris X-Urban. Foto: dok. Sanook
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Yaris X-Urban. Foto: dok. Sanook
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Toyota Yaris X-Urban resmi meluncur di pasar Thailand pada Jumat (17/9/2021). Ini merupakan varian baru Toyota Yaris yang hadir dengan tampilan bergaya crossover.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Sanook, Toyota Yaris X-Urban ini ditawarkan dalam 2 pilihan varian, yakni Sport X dan Sport Premium X. Untuk varian pertama, punya harga 658.600 baht atau setara Rp 281,5 jutaan. Sementara untuk varian Sport Premium X, dipasarkan dengan harga 728.600 baht atau setara Rp 311,4 jutaan.
Dihadirkannya Toyota Yaris X-Urban ini, tentu saja mengacu pada tingginya minat konsumen saat ini terhadap segmen crossover atau SUV. Adapun kehadiran Toyota Yaris bergaya crossover ini bukanlah yang pertama kalinya.
Toyota Yaris X-Urban. Foto: dok. Sanook
Sebelumya pada 2016 lalu, Toyota Indonesia pernah meluncurkan Yaris bergaya crossover yang diberi nama Yaris Heykers. Sayangnya, kala itu Toyota Yaris Heykers masih kurang diminati, sehingga membuat angka penjualannya tak begitu menggembirakan.
Mengusung bahasa desain crossover, Yaris X-Urban hadir dengan ground clearance yang sedikit lebih tinggi dibandingkan Yaris biasa. Bertambah tingginya ground clearance itu dikarenakan Toyota Thailand melakukan revisi pada bagian suspensi serta membenamkan diameter velg yang lebih lebar, yakni 16 inci.
ADVERTISEMENT
Dari segi tampilannya, Toyota Yaris X-Urban ini memang mendapatkan beberapa sentuhan berbeda yang membuatnya semakin menyerupai crossover. Beberapa sentuhan berbeda itu seperti penggunaan grille hitam, lips bumper depan baru yang dilengkapi dengan under guard, over fender berbahan plastik hitam yang menyatu hingga bagian side skirt, serta bumper belakang baru yang juga mendapatkan sentuhan under guard.
Toyota Yaris X-Urban. Foto: dok. Sanook
Lalu untuk bagian dalamnya, Toyota menyematkan jok baru yang hadir dengan kombinasi warna merah dengan warna hitam Terra Rossa. Pun dengan setirnya yang hadir dengan perpaduan warna serupa.
Tidak hanya itu, Toyota juga menyediakan paket aksesoris tambahan bagi para konsumen yang ingin menambah keren tampilan Yaris X-Urban-nya. Tambahan paket aksesoris ini dijual 44.600 baht atau setara Rp 19 jutaan.
Toyota Yaris X-Urban. Foto: dok. Sanook
Paket aksesoris tersebut terdiri dari tambahan lips bumper depan baru, stiker baru pada sisi samping, dan desain spoiler baru. Tersedia juga tambahan fitur fitur Active Speed yang berguna meningkatkan akselerasi mobil dengan tambahan harga 17.400 baht atau setara Rp 7,4 jutaan.
ADVERTISEMENT
Soal jantung pacunya, Toyota Yaris X-Urban ini masih mengusung mesin yang sama seperti sebelumnya, yakni mesin bensin berkode 3NR-FKE dengan spesifikasi 4-silinder segaris yang dipadukan dengan atkinson cycle berkapasitas 1.2 liter.
Toyota Yaris X-Urban. Foto: dok. Sanook
Menjanjikan mesin yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, mesin ini punya tenaga 91 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 109 Nm pada 4.400 rpm. Untuk transmisinya, ada 2 pilihan, manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.
***