Toyota: Xpander Cross Bikin Jualan Rush Naik

19 November 2019 17:31 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Peluncuran Mitsubishi Xpander Cross di InterContinental Pondok Indah, Jakarta, Selasa (12/11/2019).
 Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Peluncuran Mitsubishi Xpander Cross di InterContinental Pondok Indah, Jakarta, Selasa (12/11/2019). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kehadiran Mitsubishi Xpander Cross menuai pernyataan positif dari pabrikan kompetitornya. Toyota menilai, model baru tersebut juga dapat mendongkrak penjualan produknya.
ADVERTISEMENT
Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menjelaskan, Xpander Cross bisa membuat pasar segmen Low SUV lebih bergairah lagi.
Toyota Rush Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
"Setiap ada produk baru membuat market berkembang, karena masyarakat akan lihat berita dan membandingkan, jadi bukan hanya model baru tersebut, model Toyota pun terkomparasi, mudah mudahan market terbantu naik dengan adanya model baru itu," kata Anton saat ditemui kumparan akhir pekan lalu di Ancol, Jakarta Utara.
Soal modelnya yang berpotensi mengganggu eksistensi Rush, Anton pun menanggapinya santai.
Tampilan eksterior Mitsubishi Xpander Cross Foto: Muhammad Ikbal
"Jadi kami menyiapkan strategi lagi bagaimana menghadapi itu, baik dari sisi produk, servis, maupun program penjualannya juga," katanya.
Kemudian dari sisi harga, Anton mengamini Rush lebih unggul. Rush dipasarkan dalam empat varian dari harga Rp 244,250 sampai Rp 265,650 juta, sementara Xpander Cross dengan tiga macam varian mulai dari Rp 267,7 sampai 286,7 juta.
All new Toyota Rush Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Tentu bila dikomparasikan, varian Toyota Rush termahal hampir setara dengan Mitsubishi Xpander Cross terendah.
ADVERTISEMENT
"Pasti akan kami monitor terus pergerakannya, dan akan meng-grab konsumen mana. Pastinya Toyota bersama diler mempersiapkan strategi kami bagaimana merebut pasar," kata Anton.
Mitsubishi Xpander Cross resmi meluncur di Indonesia, perdana di Dunia. Foto: Aditya Pratama Niagara / kumparan
Dari segi penjualan berdasar data Gaikindo, Rush masih mengamankan tahta di segmen Low SUV dengan angka wholesales 47.577 unit sepanjang Januari hingga September 2019. Artinya tiap bulan ada 2.000 sampai 4.000 unit yang terdistribusi.
Sementara Xpander Cross yang belum lama ini melakoni debutnya, ditargetkan bisa meningkatkan penjualan Mitsubishi Xpander sebanyak 27 persen, atau terjual 1.500 unit tiap bulannya.