Toyota Cetak 14.300 SPK Avanza dan Veloz Baru

27 Februari 2019 18:41 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tampilan depan Toyota New Avanza Veloz dalam Launching New Avanza and New Veloz di Fairmont Hotel  Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan depan Toyota New Avanza Veloz dalam Launching New Avanza and New Veloz di Fairmont Hotel Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengklaim bahwa hadirnya Avanza dan Veloz baru sukses menuai respons positif dari pasar. Buktinya, sejak resmi meluncur pada 15 Januari 2019 lalu, mobil sejuta umat itu telah dipesan hampir 15 ribu (detailnya 14.300 unit).
ADVERTISEMENT
"Data kami, kemarin itu sudah mencapai 14 ribu SPK (surat pemesanan kendaraan). Mungkin sekarang ya sudah mencapai 15 ribu SPK-nya," beber Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmy, saat ditemusi di sela-sela media test drive new Avanza dan new Veloz di Yogyakarta, Rabu (27/2).
Kendati begitu, tingginya permintaan tentu saja tak berbanding lurus dengan suplai dari pabrik ke diler. Bila dirata-rata, Toyota sendiri hanya sanggup mendistribusi 5.500 unit, sementara permintaan ada di angka 7.500 unit per bulan.
"Artinya inden untuk warna dan tipe tertentu bisa mencapai 1,5-2 bulan," imbuhnya. Kendati demikian, fenomena ini pun Anton anggap wajar mengingat ini adalah produk baru.
Toyota Avanza G 1.5L M/T Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO
Lebih lanjut, kekuatan Toyota Avanza diakui Anton masih menjadi favorit para pembeli mobil pertama. Artinya, varian mesin 1,3 liter, yang dari sisi harga lebih kompetitif mendominasi penjualan.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan bahwa varian mesin 1,5 liter --termasuk Veloz-- hanya berkontribusi sebesar 30 persen terhadap total penjualan. Sedangkan mesin 1,3 liter masih yang terbesar.
Pun dengan pilihan transmisi, Anton pun melihat bahwa konsumen Avanza masih condong pilih yang berjenis otomatik.

Dongkrak penjualan

Sementara itu untuk mendongkrak penjualan Toyota Avanza dan Veloz baru, layanan tukar-tambah menjadi salah satu amunisi untuk mengincar konsumen, yang ingin mengganti mobil baru.
PT TAM bekerjasama dengan sejumlah perusahaan termasuk Toyota Trust dan Mobil88. Sayangnya, ketika ditanya soal berapa besar kontribusi layanan trade-in ini, ia belum bisa menyebutkan angka detailnya. "Nanti ya, perlu saja cek lagi datanya," katanya.
Berikut adalah komparasi spesifikasi dan fitur Avanza dan Xenia baru untuk tipe mesin 1,5 liter transmisi manual. Foto: kumparan