Tampil Beda, Ini Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas di Bawah Rp 100 Juta

5 Juni 2020 13:31 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pilihan MPV Pintu Geser Bekas. Foto: dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Pilihan MPV Pintu Geser Bekas. Foto: dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Mobil berjenis MPV pintu geser memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan terutama menyoal akses masuk bagi penumpang di baris kedua dan ketiga. Mobil berjenis ini, umumnya juga menawarkan kesan yang lapang pada bagian dalamnya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, mayoritas mobil berjenis ini memang cukup identik dengan mobil mewah yang punya harga tidak murah. Bahkan, bisa lebih mahal dibandingkan jenis MPV lainnya.
Akan tetapi, bagi Anda yang sedang berencana membeli mobil MPV pintu geser, namun dengan dana terbatas. Tak ada salahnya mencoba melirik pasar mobil bekas sebagai opsi alternatif.
Nah, agar memudahkan Anda dalam memilihnya, berikut kumparan kerucutkan pilihan MPV pintu geser dengan harga di bawah Rp 100 juta.

1. Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pilihan pertama, terdapat Daihatsu Luxio yang bisa masuk daftar pilihan Anda. Mengacu beberapa situs jual beli mobil bekas, Luxio tahun produksi 2009 hingga 2014, kini sudah punya harga di bawah Rp 100 juta.
Menyoal spesifikasinya, Luxio dipersenjatai dengan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter. Mesin itu menawarkan tenaga 96 dk dan torsi 134 Nm. Sistem transmisinya tersedia dua pilihan, manual 5 percepatan dan otomatik 4-percepatan.
ADVERTISEMENT

2. Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max Foto: dok. ADM
Apabila Anda mencari MPV pintu geser yang memiliki kabin lapang, dan bisa difungsikan sebagai mobil harian atau mobil untuk usaha, Daihatsu Gran Max mungkin cocok untuk dipilih.
Saat ini mayoritas Gran Max model minibus dengan tahun produksi 2008 hingga 2015 sudah dibanderol dengan harga di bawah Rp 100 juta.
Sebagai segmen low MPV, mobil ini memang tidak banyak memiliki fitur unggul di dalamnya. Pada bagian mesinnya, Gran Max punya 2 pilihan mesin, yakni 1.3 dan 1.5.
Pada mesin bensin 1.3 nya, punya spesifikasi tenaga 87 dk dan torsi 122 Nm. Sedangkan, pada mesin 1.5 nya, menjanjikan tenaga 107 dk dan torsi 141 Nm.

3. KIA Sedona

KIA Sedona. Foto: dok. Istimewa
Jika Anda ingin punya dimensi yang sedikit lebih besar dan bentuk lebih mewah, MPV pintu geser asal Korea Selatan, KIA Sedona bisa Anda pilih.
ADVERTISEMENT
Saat ini, mayoritas Sedona tahun produksi 2003 hingga 2005 sudah dihargai di bawah Rp 100 juta. Mobil ini menawarkan kemewahan dan kenyamanan pada bagian dalamnya, berkat kehadiran jok captain seat, pengaturan jok baris kedua yang dapat diputar ke segala arah, hingga kehadiran tirai pada seluruh jendela sampingnya.
Di balik kap mesinnya, tersemat mesin bensin 2.5 liter V6 dan mesin diesel CRDi 4 silinder 2.9 liter. Pada mesin 2.5 liter V6 memiliki spesifikasi tenaga 174,5, sementara pada mesin diesel CRDi 2.9 liternya memiliki tenaga 142 dk.

4. Nissan Serena

Nissan Serena C24 Foto: dok. Wikimedia
Selanjutnya ada MPV mewah dari Nissan, yakni Serena. Di beberapa situs jual beli mobil bekas, Serena generasi kedua dengan tahun produksi 2004 hingga 2012 sudah punya harga di bawah Rp 100 juta.
ADVERTISEMENT
Beberapa keunggulan pun ditawarkan oleh mobil ini, mulai dari pintu geser otomatis pada sebelah kiri, jok baris kedua yang dapat diputar arah, captain seat, tirai di seluruh jendela samping, serta layar televisi di balik head rest baris pertama.
Mesin yang digunakkan oleh Serena berkode bodi C24 ini, yakni bensin 4 silinder berkapasitas 2.0 liter. Mesin itu menghasilkan tenaga 145 dk dan torsi 200 Nm. Mesin itu hanya tersedia untuk sistem transmisi otomatik.

5. Peugeot 807

Peugeot 807. Foto: dok. Istimewa
Sudah bosan dengan MPV pintu geser asal Jepang atau Korea Selatan dan ingin mencoba MPV pintu geser asal Eropa? Peugeot 807 bisa menjadi pilihan.
Mobil berkewarganegaraan Prancis ini sudah banyak yang dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta dengan tahun produksi 2003 hingga 2004. Kelebihan yang ditawarkan mobil ini, yaitu kenyamanan, kabin yang lapang, serta bentuk dashboard yang terkesan menyerupai sebuah kokpit pesawat.
ADVERTISEMENT
Memiliki badan yang besar, 807 dibekali dengan mesin EW10J4 berkapasitas 2.0 liter DOHC. Mesin itu menjanjikan tenaga 134 dk dan torsi 190 Nm.

6. Suzuki Every

Suzuki Every. Foto: dok. wikimedia
MPV pintu geser satu ini mungkin sering terlupakan. Populasinya yang tidak banyak, membuat kehadiran Suzuki Every menjadi seolah tak terlihat. Bagi Anda yang penasaran dengan mobil ini, saat ini harga bekas Suzuki Every untuk tahun produksi 2004 sudah di bawah Rp 100 juta.
Meski punya model yang mirip-mirip seperti Carry, Every punya beberapa keunggulan seperti adanya sunroof dan jok captain seat. Mesin yang diadopsi mobil ini pun terbilang irit, sebab Every menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.3 liter. Mesin itu memiliki tenaga 81 dk dan torsi 104 Nm.
ADVERTISEMENT

7. Toyota Previa

Toyota Previa. Foto: dok. Autoevolution
Selanjutnya ada Toyota Previa yang menjadi salah satu MPV pintu geser mewah yang punya harga di bawah Rp 100 juta. Di beberapa situs jual beli mobil bekas, Previa dengan tahun produksi 2002 hingga 2004 sudah punya harga di bawah Rp 100 juta.
Beberapa kelebihan yang dimiliki mobil ini, antara lain pintu geser otomatis, jok captain seat, dua buah sunroof, hingga cruise control.
Menyoal mesinnya, Previa generasi kedua ini dibekali mesin bensin berkapasitas 2.4 liter. Mesin itu menjanjikan tenaga 170 dk dan torsi 220 Nm.
Dari 7 pilihan MPV pintu geser bekas yang kumparan sajikan di atas, mana yang menarik buat Anda?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.