Suzuki XL7 Akan Jadi Penantang Sengit Duet Maut Rush-Terios

16 Februari 2020 19:25 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Eksterior Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
zoom-in-whitePerbesar
Eksterior Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Segmen low SUV dalam negeri semakin panas, khususnya setelah meluncurnya Suzuki XL7. Tak hanya akan menantang Honda BR-V yang berbasis MPV Mobilio, tapi juga akan mengusik Daihatsu Terios dan Toyota Rush.
ADVERTISEMENT
Iya, sejak generasi keduanya mengaspal di Indonesia duet maut Terios-Rush, belum tergoyahkan posisinya di peringkat teratas LSUV terlaris.
Namun, kedatangan Suzuki XL7 tak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari desain tubuhnya, tampilannya, hingga penyematan fitur-fitur canggih, cukup mencuri perhatian.
Toyota Rush Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Pakar dan Pemerhati Desain Otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, berdasarkan beberapa pengamatan, peluncuran model baru Suzuki XL7 ala cross-over yang berkarakter lebih macho ini, cukup menarik bagi segmentasi pasar generasi muda yang semakin tidak brand-minded.
"Suzuki XL7 berpotensi tidak saja mengganggu pasar Toyota Rush maupun Daihatsu Terios, tetapi juga Honda BR-V. Belum lagi merek Suzuki sudah terkenal dengan maintenance cost-nya yang paling murah dibandingkan ketiga kompetitornya," tuturnya kepada kumparan, Minggu (16/2).
ADVERTISEMENT

Strategi harga

Yannes menambahkan, Suzuki XL7 nampaknya punya strategi harga bermain di tengah-tengah, antara Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Mengacu pada situs resmi, Rush ada di kisaran Rp 251 juta sampai Rp 273 Juta, lalu Daihatsu Terios Rp 208 juta - Rp 261 Juta.
7 Wonders Daihatsu All New Terios Foto: dok. Aditya Pratama Niagara/kumparan
Nah, sedangkan harga Suzuki XL7 sendiri Rp 230 juta sampai Rp 267 Juta. Artinya bisa mengambil celah pasar di posisi harga tersebut.
Begitu juga bila dibandingkan dengan Honda BR-V yang memiliki range harga Rp 249 juta – Rp 291 juta, posisi harga Suzuki XL7 masih lebih kompetitif.

Unggul soal kelegaan

Kemudian menyoal dimensinya, Toyota Rush dan Daihatsu Terios memiliki ukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm dengan wheelbase 2.685 mm, dan ground clearance 220 mm.
Jok baris kedua dengan arm rest di Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Lalu juga Honda BR-V, berdimensi panjang 4.453 mm, lebar 1.735 mm tinggi, 1.666 mm, wheelbase 2.662 mm dan ground clearance 201 mm.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Suzuki XL7 memiliki dimensi 4.450 mm x 1.775 mm x 1.710 mm dengan wheelbase 2.740 mm dengan ground clearance 200 mm.
"Dari data ini dapat dilihat, bahwa proporsi badan Suzuki XL7 terlihat lebih rendah dan memiliki ruang kaki --leg room-- jok baris kedua lebih lega, daripada Rush maupun Terios," tutur Yannes.
Jok baris ketiga Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Walaupun memang dari sisi proporsi, Suzuki XL7 tampak lebih pas jika bersaing head to head dengan Honda BR-V.

Tampil segar penuh kebaruan

Suzuki XL7 disebut Yannes memiliki keunggulan, dari tampilan desain tubuh yang tampak lebih baru dan modern. Sedangkan Toyota Rush maupun Daihatsu Terios, tidak ada kebaruan yang signifikan.
Dari sisi eksterior, dengan desain grille yang fresh dan tambahan fender plastik, mampu memberikan kesan cross-over yang benar-benar baru. Apalagi dia telah disematkan lampu depan LED dengan DRL.
Tampilan depan Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
"Ingat, pembeli senang akan berbagai kebaruan, dari desain hingga teknologi yang dapat mereka rasakan secara langsung," ucapnya.
ADVERTISEMENT

Interior

Pengamatan lain Yannes dari sisi interior, area dashboard Suzuki XL7 yang berdesain dua tingkat, tampak lebih modern dan berkelas dibandingkan Rush-Terios. Penambahan aksen ala carbon memberikan kesan sporty.
"Begitu juga tambahan list chrome yang memanjang, mampu memberikan kesan lebih mewah dari ketiga kompetitornya. Belum lagi jumlah fitur Suzuki XL7 yang jauh lebih banyak," tutur Yannes.
Jadi lebih pilih mana?
Desain dashboard Suzuki XL7 Foto: M. Ikbal/kumparan