Spesifikasi Toyota Mirai Terbaru, Daya Jelajah Sampai 800 Kilometer

14 Desember 2020 16:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Toyota Motor Corporation baru saja memperkenalkan generasi terbaru dari mobil elektrifikasi bertenaga hidrogen andalan mereka, yakni Toyota Mirai, pada Rabu (9/12) lalu.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Toyota Mirai generasi terbaru ini, diharapkan semakin memperkuat upaya elektrifikasi yang dilakukan Toyota, utamanya dalam pemanfaatan tenaga hidrogen.
Tak hanya itu, hadirnya Toyota Mirai ini juga berbarengan dengan rencana pemerintah Jepang yang akan mengurangi emisi karbon menjadi nol pada 2050 mendatang.
"Penggunaan hidrogen akan menjadi faktor penting dalam mencapai netralitas karbon," ujar Yoshikazu Tanaka, Kepala Teknisi Toyota Mirai.
Berwujud generasi terbaru, berbagai penyempurnaan pun dilakukan Toyota. Mulai dari desain tampilan eksterior dan interior, ragam fitur modern yang berlimpah, kemampuan jantung pacu yang lebih baik, hingga jarak tempuh yang lebih jauh.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota

Eksterior Toyota Mirai

Mengusung konsep 'Silent Dynamism', pada bagian depan Mirai punya desain grille lebar beraksen krom dan berpadu dengan lampu depan yang menyipit.
ADVERTISEMENT
Uniknya, lampu LED DRL di bagian depan dibuat terpisah dari lampu utama dengan penempatan di bagian bawahnya. Pada logo Toyota hadir dengan emblem berwarna biru sebagai penanda mobil elektrifikasi.
Bergeser ke sisi samping desain pilar C tampak menyambung ke bagian bagasi layaknya sebuah fastback. Kaki-kakinya ditopang velg menyerupai sebuah kincir.
Sektor buritan ada perpaduan desain elegan dan sporty, dengan desain lampu belakang yang ramping dan memanjang. Kemudian ada strip lampu di bagian tengah yang seolah menyatukan antara lampu kanan dan kiri.
Tersemat juga ducktail yang menjadi satu dengan bagasi serta bumper berbahan plastik yang membuatnya terlihat sangat sporty.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota

Interior Toyota Mirai

Masuk ke bagian dalam, nuansa mewah dan canggih langsung begitu terasa di mobil ini, terutama dari segi desain dasbornya yang modern, lengkap dengan ambient light.
ADVERTISEMENT
Tersemat juga dua layar monitor besar di bagian dasbor yang masing-masing berukuran 8,0 inci, sebagai layar instrumen serta 12,3 inci sebagai layar head unit.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
Ada juga head up display yang akan mempermudah pengemudi dalam membaca berbagai informasi yang dibutuhkan. Lalu pada bagian setirnya terdapat cruise control di sisi kanan serta pengaturan audio di sisi kiri.
Konsol tengahnya ada pengaturan AC, tuas transmisi dengan electric parking brake, cupholder, serta trackpad untuk mengatur layar monitor.
Seluruh jok sudah menggunakan pengaturan elektrik, pun dengan setirnya yang dapat diatur tilt dan teleskopik secara elektrik. Bahan pada dua jok depan ada ventilasi, untuk menghangatkan dan mendinginkan jok.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
Mengingat Toyota Mirai hadir sebagai mobil premium, maka kenyamanan baris kedua jadi hal yang utama. Pada baris kedua mobil ini kini memiliki kabin yang lebih lapang dengan jok yang lebih besar dan nyaman.
Interior Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
Tak hanya itu, tersemat juga handrest di bagian tengah yang dilengkapi dengan laci penyimpanan, serta pengaturan audio dan AC. Guna memberikan privasi, Toyota Mirai ini juga dibekali dengan tirai di bagian kaca samping belakang dan kaca belakang yang dapat dibuka tutup secara elektrik.
Interior Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota

Fitur keselamatan Toyota Mirai

Sebagai penunjang keselamatan, Toyota Mirai ini juga telah dilengkapi dengan paket fitur keselamatan yang sangat lengkap dari Toyota Safety Sense. Berikut ragam fiturnya.
ADVERTISEMENT
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
Selain itu, berbagai fitur keselamatan lain juga terbenam di mobil ini, seperti SRS Airbags, Digital Rearview Mirror, Panoramic View Monitor, Back Guide Monitor, Reverse Control Wipers, dan parkir otomatis.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota

Jantung Pacu Toyota Mirai

Sebagai jantung pacunya, Toyota Mirai ini dibekali dengan sistem hidrogen yang berkombinasi dengan motor listrik dan baterai.
Pada sistem hidrogennya mengandalkan FC Stack berjenis polymer electrolyte berdaya 5,4 kiloWat per liter yang mampu menghasilkan tenaga 173 dk. Sistem hidrogen itu selanjutnya ditopang dengan tabung hidrogen yang memiliki kapasitas pengisian hingga 141 liter.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota
Lalu untuk motor listriknya, Toyota Mirai menggunakan permanent magnet synchronous berdaya 48 kiloWatt dan memiliki tenaga 180 dk serta torsi 300 Nm. Sistem baterai yang digunakannya yakni lithium-ion bertegangan 4.0 ampere.
ADVERTISEMENT
Dalam kondisi hidrogen dan baterai terisi penuh, Toyota Mirai terbaru ini diklaim mampu tetap melaju hingga jarak 800 kilometer. Tentu itu adalah jarak yang cukup jauh untuk sebuah mobil elektrifikasi.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota

Bisa jadi generator cadangan saat kondisi darurat

Hal menarik yang dimiliki oleh Toyota Mirai ini, yaitu kemampuannya sebagai generator cadangan saat kondisi darurat seperti mati listrik atau bencana alam.
Ya, pada mobil ini telah dilengkapi dengan colokan DC pada bagian kap mesin yang mampu menghasilkan aliran listrik hingga 9 kiloWatt. Tersedia juga soket colokan model AC di bagian dalam yang bisa menyalurkan aliran listrik sebesar 1,5 kiloWatt.
Toyota Mirai Terbaru. Foto: dok. Toyota

Harga Toyota Mirai

Di pasar Jepang, Toyota Mirai dipasarkan dalam 5 pilihan varian dengan rentan harga mulai dari 7.100.000 Yen atau setara Rp 959 juta hingga 8.050.000 Yen atau setara Rp 1,08 miliar.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)