Simak 3 Tips Cepat Lancar Kendarai Mobil Manual

3 Juni 2020 6:28 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi oper gigi mobil manual. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Ilustrasi oper gigi mobil manual. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
ADVERTISEMENT

Belajar mengemudi dengan mobil manual, memang bukan suatu hal yang mudah. Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh pengemudi pemula, yakni saat memulai akselerasi awal.

ADVERTISEMENT

Pengemudi harus bisa menyelaraskan gerakan kaki kiri di posisi pedal kopling, dan kaki kanan pada pedal gas, supaya mobil tak mati atau menyundul-nyundul.

Nah, khusus pemula yang juga mengalami kesulitan saat seperti itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa rekomendasi berikut ini saat belajar mobil manual.

Instruktur Global Defensive Driving Center, Aan Gandhi, mengatakan terdapat 3 tips bagi seorang pengemudi pemula agar bisa dengan cepat mengendarai mobil manual.

Latihan menghafal dan mengoper gigi saat diam

Ilustrasi ganti gigi pada mobil manual. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Sebelum memulai menjalankan mobil, Aan menganjurkan agar seorang pengemudi pemula menghafal dahulu letak posisi gigi pada tuas transmisi. Ini menjadi syarat penting agar nantinya pengemudi tidak kagok dan terlupa letak masing-masing gigi transmisinya.

Jika sudah hafal, selanjutnya mulai latihan memindahkan tuas transmisi tersebut sambil memainkan pedal kopling dan pedal gas dalam keadaan mobil diam.

ADVERTISEMENT

"Jadi sebaiknya sebelum belajar menjalankan mobil, pahami dahulu cara menggunakan tuas transmisinya dahulu, tapi dalam keadaan statis, dari gigi satu, terus lepas kopling, injak pedal gas sedikit dan seterusnya," ujar Aan kepada kumparan.

Latihan maju stop and go secara rutin

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi Mobil Manual. Foto: Shutter Stock

Jika sudah hafal letak masing-masing posisi gigi pada transmisi manual, maka pengemudi bisa memulai latihan menjalankan mobil dengan cara stop and go.

Pada tahap ini, latihan stop and go saja dulu di gigi satu, jalan maju 10 meter, lalu injak rem dan kopling secara bersamaan dan selanjutnya netralkan. Habis itu, ulangi lagi terus menerus beberapa hari hingga hafal dan mahir," jelas Aan.

Dengan berfokus berlatih stop and go terlebih dahulu, pengemudi akan lebih cepat beradaptasi dalam menyelaraskan pedal kopling dan pedal gas saat memulai akselerasi awal. Selain itu, semakin rutin latihan seperti itu, sense dan feeling seorang pengemudi terhadap mobil manual juga akan semakin cepat meningkat.

Sebab, langkah tersulit saat belajar mobil manual, merupakan saat memulai akselerasi awal dan bukan saat mobil sudah berakselerasi. Jika cara akselerasi awal sudah dikuasai, maka latihan mengoper ke gigi dua, tiga, dan seterusnya bukanlah sebuah hal yang sulit.

ADVERTISEMENT

Latihan mundur stop and go

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Visibilitas spion tengah pada Mitsubishi Eclipse Cross Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Selain berlatih maju stop and go, pengemudi pemula juga dianjurkan untuk berlatih mundur secara stop and go. Langkah ini sebaiknya dilakukan, apabila seorang pengemudi pemula sudah bisa menguasai latihan maju stop and go.

Sama seperti saat latihan maju stop and go, pada latihan mundur stop and go juga dilakukan dengan cara injak kopling, oper gigi ke posisi R (Reverse), lepas kopling secara perlahan dan biarkan mobil mundur perlahan, lalu injak rem beserta kopling, dan netralkan.

"Ini juga harus dilakukan rutin dan terus menerus, mundur lurus secara stop and go. Saat mundurnya, cukup lepas kopling saja pelan-pelan dan tidak perlu digas," beber Aan.

Tidak lupa, Aan mengingatkan kepada seluruh pengemudi pemula yang ingin belajar mobil manual, pilihlah lokasi area tempat belajar mobil yang tertutup dari lalu lintas ramai, sepi, dan aman.

ADVERTISEMENT

***

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.