Resmi, Mobil Listrik Toyota bZ4X Meluncur 10 November 2022

4 November 2022 17:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mobil Listrik Toyota bZ4X tampil perdana di ASEAN lewat Pameran GIIAS 2022. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Listrik Toyota bZ4X tampil perdana di ASEAN lewat Pameran GIIAS 2022. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejak pertama kali debut di GIIAS 2022 lalu dan didaulat menjadi kendaraan operasional KTT G20 Bali, kerap muncul pertanyaan kapan sebenarnya mobil listrik Toyota bZ4X akan dipasarkan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Namun, lewat unggahan media sosial resmi Toyota Indonesia, peluncuran bZ4X sepertinya hanya tinggal menunggu waktu. Sinyal kuat lainnya, berdasarkan undangan yang diterima kumparanOTO, mobil setrum tersebut bakal meluncur pada 10 November mendatang.
Peluncurannya sendiri akan bertempat di Jakarta, ini berarti sekaligus menjadikan bZ4X sebagai model pertama dalam jajaran mobil listrik Toyota yang diniagakan di Tanah Air. Menariknya, bZ4X artinya juga lebih dulu hadir dibandingkan dengan Innova Hybrid atau Innova Zenix.
Tanda bZ4X segera dipasarkan di Indonesia sebenarnya sudah bisa dilihat saat PT Toyota Astra Motor (TAM) memajangnya di GIIAS 2022, saat itu status kemunculannya perdana di antara negara ASEAN lainnya.
Kemudian fakta bahwa semua unit bZ4X yang digunakan sebagai kendaraan resmi selama gelaran KTT G20 di Bali tidak akan dikembalikan ke negara asalnya Jepang, melainkan tetap di Indonesia. Meski, Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy beberapa waktu lalu menyebut masih belum memutuskan nasib bZ4X tersebut.
ADVERTISEMENT
bZ4X dibenamkan baterai berkapasitas 71,4 kWh yang mampu dibawa berjalan sejauh 450 km dan pengisian dari nol hingga 80 hanya dalam 30 menit menggunakan pengisian fast charging 150 kW.
Mobil listrik Toyota bZ4X sebagai kendaraan resmi KTT G20 di Bali. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Menyoal performa, Toyota menawarkan bZ4X dalam dua pilihan, AWD atau FWD. Untuk FWD hanya menggunakan satu motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 201 dk dan torsi maksimal 265 Nm.
Sementara AWD mengandalkan dua motor listrik pada setiap rodanya. Motor listrik itu mampu memuntahkan tenaga sebesar 215 dk dan torsi maksimal 336 Nm. Sistem AWD tersebut terbilang spesial, karena dikembangkan bersama Subaru, yang mana nantinya Subaru Solterra hanya akan dipasarkan dalam opsi AWD saja.
Untuk fitur, menyematkan head unit layar sentuh yang sangat besar, kemudian pada panel instrumen terdapat TFT berukuran 7-inci. Selain itu, terdapat panoramic sunroof untuk memberikan kesan mewahnya.
ADVERTISEMENT
***