Ragam Bantuan Pabrikan Otomotif Dalam Negeri Perangi COVID-19

19 April 2020 12:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi simulasi pemakaman pasien COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi simulasi pemakaman pasien COVID-19. Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak pabrikan otomotif yang mulai dan sudah menabur kebaikan dalam menangani pandemi virus corona di Indonesia. Bentuknya pun bermacam-macam demi satu tujuan bersama, memerangi dan menekan laju pertumbuhan pasien COVID-19.
ADVERTISEMENT
Berikut kumparan himpun ragam pabrikan otomotif yang sudah menyalurkan bantuan, sejak awal April hingga memasuki minggu ke-3 di bulan yang sama.

Astra Honda Motor

Mitra binaan AHM memproduksi masker Foto: Astra Honda Motor
Pertama, pabrikan roda dua Astra Honda Motor (AHM) yang berkontribusi menyalurkan bantuan guna meringankan masyarakat yang terdampak virus corona. Bantuan berupa 990 paket kesehatan yang terdiri dari sembako, vitamin, dan sabun antiseptik.
Fokus penyebaran bantuan dilakukan di sekitar pabrik AHM di Sunter dan Cikarang, serta Kampung Binaan Astra Honda di Cidadap dan Kampung Labirin Bogor pada 1 April 2020 lalu.
Tak cuma itu, AHM juga mengerahkan mitra binaan yang sebelumnya memproduksi kain lap serba guna yang dikirim ke pabrik, menjadi masker kain yang selanjutnya dibagikan ke masyarakat sekitar.
ADVERTISEMENT

Bridgestone

Bantuan Bridgestone Indonesia untuk penanganan COVID-19. Foto: Istimewa
Satu merek otomotif di luar pabrikan kendaraan, ada Bridgestone Tire Indonesia yang juga turut hadir mendonasikan set alat pelindung diri (APD).
Bantuan berupa pakaian hazmat, googles, masker, sarung tangan, dan boots diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 3 April 2020 lalu.

Suzuki

Bantuan Suzuki Indonesia untuk penanganan COVID-19. Foto: Istimewa
Kemudian Suzuki, lewat komunitas Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRS) juga ikut andil melawan virus corona. Pabrikan, lewat SCRC juga menyumbang set APD, toren, dan cairan disinfektan ke Puskesmas Kota Baru, Bekasi pada 7 April 2020.
Tak cuma di area Jabodetabek, upaya pencegahan pandemi COVID-19 oleh SCRC juga menyebar di berbagai wilayah, seperti di Kudus, Wonosobo, dan Semarang.

Wuling Motors

Wuling Confero milik Wiyono. Foto: dok. Kumparan
Pada 9 April 2020, Wuling Motors turut bersinergi ikut andil memerangi COVID-19. Jenama Tiongkok tersebut menyerahkan bantuan berupa 1.000 set APD kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
ADVERTISEMENT
APD yang dimaksud terdiri dari hazmat cover all, pelindung mata, sarung tangan, serta sepatu boots. Selanjutnya IDI langsung mendistribusikannya kepada tenaga medis yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

Hyundai

Bantuan Hyundai untuk penanganan COVID-19 di Indonesia. Foto: Istimewa
Pada 14 April lalu PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memberikan bantuan senilai Rp 8,2 miliar. Bantuan berupa 50 ribu set alat pelindung diri (APD) dan 10 ribu sarung tangan beserta masker.
Pada tahap awal, bantuan diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kemudian bertahap dialokasikan kepada pemerintah pusat.
Peralatan tersebut dipesan khusus HMMI dari perusahaan APD lokal untuk mendukung perekonomian lokal.

Mitsubishi

Bantuan Mitsubishi Indonesia untuk penanganan COVID-19. Foto: Istimewa
Berbeda dari dua pabrikan sebelumnya, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendonasikan lima unit kendaraan pikap L300, sebagai armada yang mendukung kegiatan penanggulangan COVID-19 di Jakarta pada 16 April 2020.
ADVERTISEMENT
MMKSI menyerahkannya kepada Palang Merah Indonesia (PMI). PMI membutuhkan kendaraan untuk membantu transportasi alat dan penyemprotan disinfektan di Jakarta.
Sebelumnya pabrikan juga sudah mengerahkan satu unit Outlander PHEV, yang jadi kendaraan operasional PMI, serta sumber tenaga listrik untuk mengisi ulang daya alat penyemprotan disinfektan.

Toyota

Bantuan Toyota Indonesia untuk penanganan COVID-19. Foto: Istimewa
Lanjut ke pabrikan lain, ada Toyota Astra Motor (TAM) yang ikut berpartisipasi memutus penyebaran virus corona. Uluran tangan dari TAM berupa 1.000 set APD yang diserahkan ke rumah sakit dan puskesmas di Indonesia pada 17 April 2020.
Sebelumnya Toyota Indonesia bersama Astra International juga telah menyiapkan lima truk Dyna, yang didesain bisa mendukung penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah oleh PMI.
Tak hanya itu, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), ikut membantu pemerintah memerangi COVID-19, dalam mengembangkan alat medis ventilator, yang prosesnya sedang berjalan.
ADVERTISEMENT