Pasang Fitur Keyless di Motor, Berapa Ongkosnya?

17 September 2018 18:37 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Honda Smart key pada PCX (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
zoom-in-whitePerbesar
Honda Smart key pada PCX (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fitur keyless alias pengoperasian kendaraan tanpa anak kunci sudah banyak merambah ke kendaraan roda dua. Bahkan di beberapa sepeda motor terbaru, teknologi ini sudah mulai diterapkan pada sepeda motor kelas menengah.
ADVERTISEMENT
Beberapa pilihan sepeda motor dengan fitur keyless ini bisa dibaca di artikel lain yang sudah disiapkan kumparanOTO.
Selain terlihat 'canggih' penggunaan pemanfaatan fitur agar motor tidak perlu menggunakan anak kunci ini juga mendukung kepraktisan berkendara dan keaman mengingat sistem kunci yang lebih sulit dibobol.
Nah, buat kamu yang mungkin masih terlalu sayang dengan sepeda motor lama namun mendambakan fitur ini, ada opsi pemasangan perangkat yang dihadirkan dengan menggunakan produk after market. Beberapa bengkel modifikasi khusus sepeda motor matik ada yang menyediakan jasa ini.
"Kalau motor Yamaha bisa pakai Aerox, bisa juga XMAX," terang Zaelani Hanif, penggawa bengkel Ben Apik Motor saat dihubungi kumparanOTO.
Yamaha XMAX (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Yamaha XMAX (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Meski begitu dia menjelaskan kalau bukan hanya motor matik Yamaha yang bisa menggunakan perangkat ini, motor merek lain dan model lain seperti motor sport juga bisa dilengkapi ditambahkan fitur ini. Apalagi Honda PCX dan Honda Vario terbaru juga sudah dilengkapi fitur ini dan bisa digunakan komponen rumah kuncinya.
ADVERTISEMENT
Proses instalasi menurut Zaelani sendiri meski tidak mudah, dia dapat menjamin kalau dapat dilakukan sendiri oleh konsumen dengan merujuk ke tutorial pemasangan karena komponennya masih termasuk plug and play.
"Kalau mau terima beres tapi bisa dibawa saja ke bengkel," terang dia lagi.
Biaya
Dia juga menjelaskan kalau biasanya dalam pemasangan perangkat ini dia menambahkan juga DSS Smartkey sebagai piranti keamanan. Perangkat ini akan disatukan dengan remote --yang menggantikan anak kunci-- dan bekerja mematikan kendaraan jika kunci dideteksi berada lebih dari 1 meter dari motor.
Zaelani sendiri mematok harga Rp 2,5 juta (termasuk ongkos kirim) untuk perangkatnya saja. Sementara jika pemilik motor ingin proses pengerjaan juga digarap di bengkelnya atau menghubunig langsung untuk daearh Jawa Timur dan Jawa Tengah, total biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 2,9 juta. Mengingat berhubungan dengan sistem kelistrikan yang sensitif dan perangkat yang tidak murah, Zaelani juga memberikan garansi.
ADVERTISEMENT
"Ada pastinya, barang mahal kok. Garansi pemasangan (kesalahan pada proses nstalasi) selama dua minggu dan garansi barangnya enam bulan," terang dia lagi.
Ben Apik Motor Jln Doktor Krt. Rajiman Widyodiningrat Pulo Jahe, Cakung, Jakarta Timur. Zaelani Hanif (081212516464)