Pakai Baterai Gemini, Mobil Listrik BMW iX Bisa Tempuh 966 Km Sekali Cas

20 Juni 2022 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
BMW iX prototipe menggunakan baterai Gemini besutan OONE.  Foto: Screenshot
zoom-in-whitePerbesar
BMW iX prototipe menggunakan baterai Gemini besutan OONE. Foto: Screenshot
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Our Next Energy (ONE), sebuah perusahaan rintisan berbasis di Michigan, Amerika Serikat (AS), resmi menandatangani perjanjian kerjasama untuk mengaplikasikan baterai Gemini pada BMW iX.
ADVERTISEMENT
"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan BMW untuk mendemonstrasikan teknologi baterai jarak jauh Gemini kami kepada konsumen," kata Mujeeb Ijaz, pendiri sekaligus CEO ONE.
Teknologi baterai garapan ONE ini diklaim membuat BMW iX bisa menempuh 966 km dalam satu kali pengisian penuh.
Dijelaskan, formulasi baterai mereka menggunakan 20 persen bahan lithium yang lebih sedikit. Pun dengan penggunaan material grafit yang dipangkas 60 persen. Tak cuma itu, kemampuan termal baterai mereka diklaim lebih baik.
BMW iX prototipe menggunakan baterai Gemini besutan ONE. Foto: Screenshot
Sementara itu, baterai Gemini besutan ONE pernah diaplikasikan pada Tesla Model S pada Desember 2021. Baterai tersebut membuat mobil listrik Tesla bisa menempuh jarak 1.210 km.
Ijaz menambahkan, kerjasama dengan BMW menjadi langkah awal penetrasi teknologi baterai ONE ke fase produksi secara masal.
ADVERTISEMENT
"Ini adalah masalah bagaimana menyalurkan ini ke pasar, dan apa yang kita lihat dalam pandangan BMW, jembatan apa yang harus kita lintasi, bagaimana produk bekerja pada energi, tenaga, dan biaya, dan dapatkah kita memasukkannya ke dalam produksi dari perspektif manufaktur,” imbuhnya.
ONE berencana mendirikan pabrik sel mereka di AS untuk memproduksi produk baterai Aries dan Gemini. Sementara itu, kolaborasi dengan BMW ini merupakan buah dari pendanaan sebesar 65 juta dolar AS yang diberikan BMW i Ventures ke ONE.
Mitra BMW i Ventures Baris Guzel mengatakan, kolaborasi ini merupakan upaya mereka untuk menciptakan baterai dengan tiga aspek, yakni berkelanjutan, aman, dan biaya. “Tiga faktor itu membantu mempercepat pengembangan dan adopsi kendaraan listrik,” kata Guzel.
ADVERTISEMENT
Penulis: Mikhael Partogi Tambunan