Mengemudi Mobil Sebaiknya Pakai Sepatu Model Apa?

28 Februari 2020 6:37 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Gunakan jari kaki ketika ingin menginjak pedal. Foto: dok. Istimewa
Gunakan jari kaki ketika ingin menginjak pedal. Foto: dok. Istimewa
ADVERTISEMENT

Kenyamanan kedua kaki saat menyetir mobil berperan penting karena terkait mekanisme pengereman dan perpindahan gigi. Oleh karena itu, pemilihan alas kaki patut diperhatikan.

ADVERTISEMENT

Bukan hanya soal fashion, alas kaki saat berkendara juga menyangkut keselamatan. Lantas seperti apa alas kaki yang ideal digunakan saat menyetir?

Menurut Instruktur Global Defensive Driving Center, Aan Gandhi, alas kaki yang digunakan saat menyetir idealnya memiliki heel rendah dan punya struktur sol yang lentur.

Selain itu usahakan jangan memakai sepatu berbahan kulit, khususnya untuk seseorang yang berprofesi sebagai driver.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi mengemudi dengan sneakers. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

"Yang perlu diketahui juga untuk pengemudi mobil sebaiknya khusus driver atau yang sering mengemudi usahakan jangan memakai sepatu kulit, lebih baik pakai sepatu sneakers," kata Aan kepada kumparan belum lama ini.

Aan mengatakan pergerakan kaki akan lebih leluasa menekan pedal. Apalagi jika menyetir mobil manual.

"Biar pergerakan kaki lebih enak ke pedal gas, rem, dan kopling. Kalau sepatu kulit kan kaku. terus tumitnya tidak yang lancip itu akan lebih nyaman," ujarnya.

ADVERTISEMENT

Saat ini di pasaran sendiri juga tersedia beragam pilihan sepatu khusus mengemudi atau driving shoes. Model tersebut direkomendasikan karena memiliki ujung heel yang memanjang hingga ke belakang di bagian tumit sehingga membuat dudukan kaki tidak licin.

Namun untuk pemakaian sehari-hari, Founder dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan tak perlu membeli driving shoes, cukup menyiapkan sneakers saja untuk menyetir mobil.

"Gunakan sepatu sehari-hari yang memiliki alas bermaterial karet dan bagian tumitnya melengkung ke atas, hal ini untuk memperluas ruang gerak kaki saat naik turun menginjak pedal. Tidak usah sepatu khusus untuk mengemudi, sepatu casual untuk sehari-hari saja sudah cukup," jelasnya.