Menanti Reinkarnasi Sedan Legendaris Mitsubishi Galant VR-4

25 Desember 2019 17:03 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mitsubishi Galant VR-4 Foto: dok. Carscoops
zoom-in-whitePerbesar
Mitsubishi Galant VR-4 Foto: dok. Carscoops
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mitsubishi Motors terbilang intens untuk menghadirkan mobil-mobil baru di segmen MPV dan SUV dalam beberapa tahun terakhir ini.
ADVERTISEMENT
Pabrikan sebelumnya pernah mengatakan bahwa mereka tidak akan lagi memproduksi mobil sedan dan lebih fokus untuk meluncurkan mobil-mobil SUV khususnya.
Menariknya, setelah beberapa tahun berselang, merek yang terkenal akan logo tiga berlian itu justru dirumorkan sedang mengembangkan reinkarnasi dari sedan legendarisnya, Mitsubishi Galant VR-4.
Seperti dilansir dari Carscoops, kabar rencana kembalinya nama besar Galant pun cukup mengagetkan jagat otomotif dunia. Pasalnya, nama Galant sendiri telah memasuki masa ‘pensiun'nya pada 2012 lalu.
Bila benar nantinya Galant VR-4 yang akan dihidupkan kembali, tentu hal ini boleh dikatakan melengkapi perkembangan tren membangkitkan sedan legendaris merek Jepang --yang sebelumnya dilakukan Toyota lewat Supra.
Meski pihak Mitsubishi masih menutup rapat informasi dan kebenaran dari rumor kembalinya Galant VR-4 tersebut, beberapa bocoran desain dari Galant VR-4 justru telah beredar luas di dunia maya.
ADVERTISEMENT
Perpaduan desain lawas dan dynamic shield
Konsep Mitsubishi Galant VR-4 Foto: dok. Carscoops
Berdasarkan beberapa bocoran gambar desain yang beredar tersebut, Galant VR-4 terbaru ini hadir dengan desain yang modern dan dinamis. Jenama Jepang ini nampaknya coba memadukan bahasa desain dari Galant lawas dengan bahasa desain Mitsubishi kekinian.
Terlihat dari grille yang dianut mobil ini memiliki bahasa desain yang serupa dengan Galant lawas, yaitu dengan grille model hidung terpisah. Desain khas zaman dahulu itu berpadu cantik dengan bahasa desain dynamic shield khas Mitsubishi sekarang.
Sedangkan untuk menguatkan kesan sedan bertenaga dan agresif, Galant VR-4 terbaru ini juga memiliki desain fender depan dan belakang yang cukup lebar. Untuk garis atapnya, Galant VR-4 ini modelnya mengambang dengan pilar A yang berwarna gelap.
ADVERTISEMENT
Lalu untuk bagian belakangnya, Galant VR-4 ini diperkirakan akan memiliki lekuk desain yang menyerupai mobil fastback bertenaga, lengkap dengan knalpot quad, spoiler ducktail, dan diffuser.
Plug in Hybrid
Platform hybrid Mitsubishi Foto: dok. Carscoops
Untuk jantung mekanisnya, Galant VR-4 ini juga santer digosipkan akan hadir dengan jantung mekanis plug in hybrid. Galant VR-4 akan mengadopsi empat motor listrik yang dipadukan dengan baterai dan generator.
Selain dibekali teknologi plug in hybrid, Galant VR-4 juga akan mendapatkan sistem penggerak empat roda dengan pengaturan Active Yaw Control.
Dengan pengaturan ini, akan membuat distribusi ke empat rodanya menjadi tepat sasaran dan sesuai, manakala mobil terdeteksi mengalami slip ketika menikung.
Sementara untuk membuat akselerasi dan pengereman jadi maksimal, cepat, dan akurat, Mitsubishi akan menggunakan kaliper rem elektrik.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, untuk informasi detail terkait interior dan fitur, serta peluncuran mobil ini, Mitsubishi masih enggan mengungkapkannya.
Hadirnya Galant VR-4 ini tentunya akan membuat segmen mobil sedan kembali ramai lagi. Mobil ini diprediksi akan bersaing ketat dengan beberapa nama seperti Honda Accord, Toyota Camry, Nissan Altima, Mazda 6 dan Tesla Model 3.
Lalu, bagaimana pendapat Anda dengan Mitsubishi Galant VR-4 ini?