Menakar Peluang All New Peugeot 208 Masuk Indonesia

24 Februari 2020 9:09 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

 depan Peugeot 208. Foto: dok.
Tampilam depan Peugeot 208. Foto: dok. AutoExpress
ADVERTISEMENT

Demi eksistensinya di dalam negeri, Astra Peugeot komitmen meluncurkan model baru setiap tahunnya. Setelah mendebut Peugeotnya 3008 dan 5008, lalu muncul pertanyaan model apa yang akan jadi kejutan tahun ini..

ADVERTISEMENT

Head of Finance & Marketing T. Astra International - Peugeot Sales Operation, Fajar Cendekia mengonfirmasi bahwa akan meluncurkan satu produk di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 mendatang.

"Iya (mobil baru), sebenarnya strategi kita seperti itu ya. Inginnya setiap setahun kita punya produk baru terus. Soal model apa yang meluncur, tergantung pasar, kita juga harus melihat faktor itu," ucapnya kepada kumparan di sela-sela test drive Peugeot 3008 dan 5008 di Solo, Jawa Tengah.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Tampilam samping Peugeot 208. Foto: dok. AutoExpress

Di pasar global, Peugeot punya All New 208 dari keluarga Peugeot Seri 2. Tampangnya yang agresif dan berjenis hatchback bisa saja menarik minat konsumen di Indonesia. Apalagi, beberapa loyalis Peugeot di Tanah Air memang menantikan kehadirannya.

ADVERTISEMENT

Sementara di pasar Indonesia tahun 1990-an Peugeot bisa dibilang mendulang kejayaan berkat model 206 hatchback. Sampai-sampai, 206 yang awalnya berstatus CBU di tahun 2000-2001 akhirnya dirakit dan diproduksi dalam negeri pada 2003-2006.

Dan, apakah Astra Peugeot bakal mengulang momen manis tersebut dengan membawa all new 208?

"Kalau bicara peluang sih tetap ada, cuma kan strateginya saat itu model 206 dan sekarang 208 agak berbeda. 206 dari pricing (harga) bisa bersaing, kalau 208 dari pricing sudah segmented bahwa itu mobil hi-tech. Jadi kans untuk dijual dan bersaing secara harga agak susah" kata Fajar.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Desain interior Peugeot 208. Foto: dok. AutoExpress

Meski begitu, jika memang permintaan konsumen besar, dan pasarnya ada, Fajar mengatakan memboyong 208 ke Tanah Air adalah hal yang bisa saja terjadi.

ADVERTISEMENT

"Ya tetap bisa kita masukin dengan segmen pricing yang berbeda. Kalau memang nanti kita anggap bisa bersaing dan pasarnya ada pasti kita usahakan untuk bawa," jelasnya,

Meluncur di GIIAS

Saat disinggung apakah GIIAS bakal jadi saksi peluncuran 208, Fajar tak mengelak dan menyebut semua kemungkinan akan disesuaikan dengan pasar.

"Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, planning kerja kita adalah setiap tahun harus ada produk baru dan 208 salah satu yang kita pertimbangkan," paparnya.

Saat ini, pabrikan berlambang singa tersebut memang sepertinya fokus menyasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Fajar menyebut tren penggunaan SUV bukan hanya terjadi di Indonesia namun juga secara global.

All new Peugeot 208

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Tampilan depan Peugeot 208. Foto: dok. AutoExpress

Tak perlu dipungkiri lagi bahwa pabrikan asal Prancis biasanya unggul dalam hal desain. Dari depan depan, All New Peugeot 208 mewarisi lampu yang menjadi signature Peugeot di 508. LED DRL tajam bak taring dengan 3 LED bar yang diposisikan vertikal membuat tampang depan dari All New Peugeot 208 ini cukup agresif.

ADVERTISEMENT

Mundur ke sisi belakang, bagian ini nampaknya adalah bagian paling menarik dari All New Peugeot 208. Mengadopsi lampu belakang ala Peugeot modern, lampu All New Peugeot 208 dibuat menyipit, dengan housing berlatar gelap dan 3 buah LED bar. Kedua lampu belakangnya seolah dihubungkan dengan aksen hitam glossy yang berhiaskan emblem Peugeot.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Tampilan belakang Peugeot 208. Foto: dok. AutoExpress

Sementara buat mengakomodasi keasyikan berkendara, mobil ini disematkan beberapa fitur canggih seperti Adaptive Cruise Control with Stop & Go, Lane Positioning Assist, Full Park Assist, Automatic Emergency Brake Assist, Active Lane Keeping Assist, Driver Attention Monitoring, Speed Limit Recognition, Active Blind Sport Monitoring, dan Extended traffic sign recognition.

Menyoal dapur pacunya, all new Peugeot 208 dihadirkan dalam 2 opsi mesin, yaitu 1.200cc Turbo bertenaga 75 hp dengan transmisi manual 5 percepatan, dan juga 1.500cc Diesel dengan tenaga 100 hp dan transmisi manual 6 percepatan.

ADVERTISEMENT

All new Peugeot 208 ditawarkan dalam lima pilihan varian yakni Like, Active, Allure, GT Line and GT. Bagaimana, apakah Anda salah satu yang setuju mobil ini diboyong oleh Astra Peugeot?