Meluncur Besok, Toyota Vios Baru Pakai Platform Anyar dan Punya Fitur TSS

11 Oktober 2022 12:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Toyota Yaris Ativ atau Toyota Vios resmi meluncur di Thailand. Foto: Toyota Thailand
zoom-in-whitePerbesar
Toyota Yaris Ativ atau Toyota Vios resmi meluncur di Thailand. Foto: Toyota Thailand
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Belum lama soal tersebarnya video perpisahan terakhir produksi Toyota Vios di jagad media sosial, PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah menyiapkan model terbarunya untuk pasar Indonesia.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan undangan yang diterima kumparanOTO, generasi keempat sedan terkecil Toyota di Indonesia itu akan diluncurkan pada Rabu 12 Oktober besok.
Tidak banyak informasi detail yang tertera pada undangan tersebut, termasuk mengenai spesifikasi dan fiturnya. Tetapi, mengingat mobil yang sama sudah meluncur di Thailand beberapa waktu lalu, tak ada salahnya jika menerka spesifikasi dan fitur yang akan diusungnya.
Fakta menarik soal Toyota Vios generasi terbaru ini adalah soal rancang bangunnya, didesain dan juga menggunakan rancang bangun DNGA dari Daihatsu. Platform yang sama juga digunakan pada mobil Daihatsu anyar lainnya seperti Xenia-Avanza dan juga Rocky-Raize.
Toyota Yaris Ativ resmi meluncur di Thailand. Foto: Toyota Thailand
Hasilnya, membuat dimensi Vios baru ini jadi lebih besar dari generasi sebelumnya. Berdasarkan data teknis yang dirilis Toyota. Vios terbaru ini punya panjang 4.425 mm atau lebih panjang 5 mm dari model sebelumnya, lebar 1.740 mm (lebih lebar 10 mm), dan lebih tinggi 5 mm menjadi 1.480 mm.
ADVERTISEMENT
Poin menarik lainnya adalah desain yang diadopsi, meski rancangan Daihatsu tetapi bahasa desain ‘Keen Look’ khas Toyota tetap digunakan. Tampangnya jadi mirip sedan Toyota lainnya seperti Camry ataupun Corolla.
Beranjak ke bagian samping, desainnya dibuat ala fast back, pilar C dibuat lebih besar dengan adanya kaca tambahan yang menyambung hingga ke pilar D. Kaki-kai menggunakan velg desain dwiwarna dengan model baling-baling berukuran 16-inci.
Oh iya, bila mengacu pada data spesifikasi yang dijual di Thailand, seluruh sistem pencahayaan Vios baru ini sudah menggunakan teknologi LED.
Toyota Yaris Ativ resmi meluncur di Thailand. Foto: Toyota Thailand
Masuk ke bagian interior, rival Honda City ini semakin terlihat mewah. Bisa dilihat dari pelapis bahan berwarna merah, membuat nuansa interior terasa sporty sekaligus elegan. Tetapi sentuhan khas Daihatsu tetap terasa pada bagian dashboard-nya, sebut saja bagian kemudi yang mirip dengan Daihatsu Rocky dan Sirion terbaru. Kemudian panel AC digital, tombol lampu hazard, rem parkir elektrik.
ADVERTISEMENT
Menyoal fitur menjadi aspek yang tak kalah menarik lainnya, head unit-nya sudah menggunakan layar sentuh dengan model floating berukuran 9-inci, plus fitur konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Ada ambient light juga yang sepertinya bisa diubah warnanya sesuai dengan keinginan pengguna.
Belum selesai, Vios terbaru juga telah dilengkapi dengan penjernih udara, smart keyless, fitur keselamatan 6-airbags, HAS, VSC, traction control, brake assist, emergency stop signal, dan Toyota Safety Sense (TSS). Berikut detail fitur lainnya.
Beralih ke sumber tenaganya, 1.200 cc dengan kode 3NR-VE DOHC Dual VVT-i dengan tenaga 92,7 dk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.400 rpm dan dipadukan dengan transmisi CVT jadi andalan.
ADVERTISEMENT
Mesin yang serupa dengan Daihatsu Sigra itu sudah mengantongi sertifikasi standar emisi Euro 5 tersebut diklaim hemat bahan bakar yang mampu menjelajah 23 kilometer untuk setiap satu liter bensin.
Di pasar Thailand, Toyota Vios terbaru atau Yaris Ativ tersedia 4 model dengan 7 pilihan warna berbeda yakni Spicy Starlet, Super White, Metal Stream, Metal Gray, Red Mica Metallic, Attitude Black Mica, dan Platinum White Pearl.
***