Lebih Aman, Kini Lihat GPS Bisa dari Kaca Helm Motor

28 Januari 2020 9:48 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
GPS tambahan pada XMAX Foto: Aditya Pratama Niagara
zoom-in-whitePerbesar
GPS tambahan pada XMAX Foto: Aditya Pratama Niagara
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengendara motor agar tidak tersesat biasanya melirik GPS lewat smartphone, yang disematkan pada bracket di kokpit atau tangkai spion.
ADVERTISEMENT
Namun ada cara lain yang lebih modern dan juga aman. Inovasi terbaru dari perusahaan EyeLights yang bermarkas di Prancis, dapat menduplikasi tampilan smartphone pada kaca helm.
Teknologi proyektor mini di helm Foto: dok. EyeLights
Cara kerjanya seperti saat Tony Stark menggunakan helm Iron Man-nya. Dari dalam ia dapat melihat tampilan digital yang diproyeksikan ke kaca helm, sehingga mampu membantu operasinya.
Sama seperti garapan EyeLights, perangkat proyeksi tersebut dinamakan EyeRide. Pada paket penjualan, ada dua piranti yang tersedia, demikian mengutip keterangan pada laman resminya.
Iron Man. Foto: IMDb
Satu adalah perangkat sistem operasi yang ditempelkan pada sisi samping helm motor, kemudian proyeksi kecil sehingga mampu menampilkan informasi layaknya head up display (HUD).
Ukuran proyektornya pun terbilang kecil, sehingga tidak akan menggangu visibilitas ke depan.
ADVERTISEMENT
Oke lanjut ke fitur, EyeLights menawarkan layanan yang beragam. Mulai dari mampu menampilkan navigasi dari berbagai aplikasi (Waze, Google Maps dan lainnya), telepon, serta memutar musik dengan cara perintah suara.
Teknologi proyektor mini di helm Foto: dok. EyeLights
Supaya EyeRide bekerja, pengendara harus mengintegerasikannya dengan aplikasi bawaan ke smartphone. Berikutnya, aplikasi juga harus dihubungkan ke perangkat tadi menggunakan bluetooth.
Lewat sambungan ini pun juga memungkinkan pengendara mampu berkomunikasi dengan bikers lain yang memiliki perangkat sama.
Teknologi proyektor mini di helm Foto: dok. EyeLights
EyeLights menjamin perangkat EyeRide bisa dipasang di semua jenis helm, utamanya pada open face, full face, sampai modular. Pemasangan pun terbilang ringkas hanya memakan waktu lima menit
Bila tidak ada aral melintang, produk EyeRide untuk helm motor ini bakal melakoni debutnya pada Februari 2020 melalui gelaran penggalangan dana khusus inovator, musisi, kreator, atau ilmuan bernama Kickstarter di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT