Kunci Cegah Korosi di Mobil

20 September 2018 7:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Cuci Mobil (Foto: DariuszSankowski)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cuci Mobil (Foto: DariuszSankowski)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mencuci mobil adalah salah satu cara paling mudah dan ampuh untuk merawat mobil agar selalu terlihat bersih juga segar.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci mobil. Salah-salah bukannya bertambah kinclong, mobil malah bisa jadi berjamur atau bahkan korosi.
Menurut CEO sekaligus pendiri XTO Car Care, Christopher Sebastian, jika ingin memandikan mobil sebaiknya pemilik memperhatikan dengan seksama sabun ataupun sampo yang digunakan.
"Oke mungkin mobil jarang dipakai, tapi tetap bisa keluar jamurnya. Itu biasa karena samponya punya pH (derajat keasaman) tinggi," jelas pria yang juga merupakan pakar auto detailing ini saat ditemui Selasa (18/9).
Christoper kemudian menerangkan kalau sampo yang dianjurkan untuk mencuci mobil sebaiknya punya nilai pH tidak lebih dari 12.
"Itu udah maksimal banget 12, kalau yang di kita (XTO Indonesia) itu pakainya yang pH 7, karena itu netral (tidak terlalu asam ataupun basa)," tambah dia lagi.
Ilustrasi Cuci Mobil (Foto: sasint/pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cuci Mobil (Foto: sasint/pixabay)
Mencuci mobil hanya dengan air saja alias sekadar dibilas juga sebenarnya tidak menjadi masalah, dengan catatan tidak untuk jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini dikarenakan mobil yang jadi kendaraan operasional harian tentunya berhadapan dengan udara di jalanan raya yang biasanya sudah mengandung minyak. Minyak ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan air.
ADVERTISEMENT
Selain itu Christopher juga menjelaskan kalau pemilihan air untuk mencuci mobil juga perlu diperhatikan karena akan memberi pengaruh.
"Kita sih anjurannya air PDAM (air minum), karena air keran itu kan kadar besinya cukup tinggi ya, dia bisa menimbulkan korosi," tuturnya.
Periode mencuci
Oke, jadi mencuci mobil tidak bisa dilakukan dengan sembarang sampo dan disranakan menggunakan air dengan kualitas baik. Lalu pertanyaan berikutnya seberapa sering mencuci mobil harus dilakukan.
Christopher menjelaskan kalau pada dasarnya hal itu disesuaikan dengan pemakaian dan penyimpanan, dalam artian apakah mobil banyak terkena polusi udara di siang hari, dan apakah mobil diparkir di dalam atau di luar rumah.
Ilustrasi Cuci Mobil (Foto: DariuszSankowski/pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cuci Mobil (Foto: DariuszSankowski/pixabay)
Namun untuk menjaga mobil terlihat segar dan selalu bersih dia punya saran.
ADVERTISEMENT
"Cuci dengan operasional normal itu dua hari sekali, tanpa sampo, jadi cuci bilas saja. Kemudian seminggu sekali kita gunakan sampo dan perawatan. Jadi ibaratnya orang ke salon lah untuk perawatan," jelasnya memberikan analogi.