Korlantas Fokus Cegat Arus Balik Pemudik, Petugas Siaga 24 Jam

28 Mei 2020 18:30 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Petugas kesehatan memeriksa suhu pengendara mobil saat penyekatan pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/5). Foto: Antara/Aji
Petugas kesehatan memeriksa suhu pengendara mobil saat penyekatan pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/5). Foto: Antara/Aji Styawan
ADVERTISEMENT

Operasi Ketupat 2020 akan berakhir pada 30 Mei 2020 ini. Meski begitu penjagaan di titik-titik penyekatan tetap dilakukan, dan makin diperketat hingga 7 Juni 2020. Demikian diutarakan Kabag Operasional Korlantas, Brigjen Benyamin, ketika dihubungi kumparan.

ADVERTISEMENT

"Begini, jadi bukan diperpanjang, kemarin Kapolri tidak mengatakan itu. Jadi penambahan 7 hari itu adalah kegiatan rutin yang ditingkatkan, operasi ketupat tetap sampai tanggal 30 Mei," ucapnya.

Hanya saja, setelah 30 Mei itu sifatnya hanya penambahan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Jadi kekuatannya, fokus di pos-pos penyekatan (arus balik) saja.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Penyekatan pemudik di Jalan Tol Cikarang Utama. Foto: Dok. Jasa Marga

"Sementara petugas yang berjaga di tempat lain sudah ditarik, tidak ada lagi Operasi Ketupat. Karena operasi ketupat itu termasuk penjagaan di mal, di masjid, tempat umum. Jadi setelah 30 fokusnya hanya di penyekatan saja," kata Benyamin.

Konsentrasi di sekitar Jakarta

Benyamin menyebut, sudah menambah pos penyekatan arus balik, dari 56 pos menjadi 116 pos di Pulau Jawa. Ia memastikan pemudik akan sulit kembali ke daerah asal, khususnya Jakarta.

ADVERTISEMENT

"Kami berupaya menyekat masyarakat agar tidak bisa balik dulu bagi yang sudah mudik. (Jadi) arus balik akan landai karena sudah kami sekat dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat," kata Benyamin saat dihubungi kumparan, Selasa (27/5).

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan pengemudi saat penyekatan arus balik menuju Jakarta di Gerbang Tol Cileunyi, Kab. Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5). Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ia pun mengimbau agar warga yang sudah tiba di kampung halaman jangan dulu kembali ke Jakarta sebelum 7 Juni 2020.

Konsentrasi penyekatan arus balik memang difokuskan di sekitar wilayah Jakarta, demi mencegah munculnya gelombang kedua wabah virus corona.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yugo, juga menegaskan akan menyiagakan personelnya selama 24 jam untuk meminimalisir lolosnya warga yang kembali ke Jakarta tanpa surat izin.

"Sebagai antisipasi kebocoran penjagaan, ada shift di pos pemeriksaan. Personel siaga 24 jam," tuturnya.

ADVERTISEMENT

===

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

***

Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.