Kenapa Ban Berwarna Hitam? Begini Penjelasannya

5 Juni 2020 12:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Ilustrasi memeriksa ban mobil. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi memeriksa ban mobil. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Ban kendaraan yang ada sekarang ini umumnya berwarna hitam. Padahal bahan dasar ban berasal dari getah karet alami yang warnanya putih pucat.
ADVERTISEMENT
Memang pada awal kemunculannya pada 1895 ban pertama yang dipasangkan pada mobil berwarna putih, mengikuti warna alami dari bahan bakunya itu sendiri.
Ilustrasi ban mobil Foto: dok. Steemit
Lalu mengapa mayoritas ban kendaraan yang ada saat ini punya warna hitam? Jelas On Vehicle Test PT Gajah Tunggal, Zulpata Zainal , warna hitam karena campuran bahan karbon hitam pada ban.
"Getah karet alam warna putih, setelah proses jadi lembaran jadi warna coklat, setelah campuran karbon dan beberapa materi kimia sekitar di atas 100 macam, jadilah warna hitam," jelasnya saat dihubungi kumparan, Kamis (4/6).
Ilustrasi spooring balancing ban mobil Foto: Dok. Istimewa
Inovasi campuran karbon bukannya tanpa sebab. Dengan bahan ini ban jadi punya durabilitas tinggi. Dalam artian umur pakainya bisa panjang.
Material ini juga tak sekadar pewarna ban, namun mencegah keausan, berfungsi mengurai panas serta meningkatkan daya cengkram.
ADVERTISEMENT
Sementara ban yang tidak mengandung karbon sifatnya lebih halus dan mudah aus. Apabila bergesekan dengan permukaan jalan, panas yang timbul bisa menyebabkan dimensi ban berubah.
Ilustrasi mengganti ban baru pada motor. Foto: dok. Istimewa
Meski demikian dalam transformasinya ban tidak langsung berubah jadi hitam. Karbon hitam hanya dicampurkan pda bagian luar ban, sedangkan bagian dalam masih warna putih.
Maka jangan heran mobil-mobil zaman dulu punya dua kombinasi warna: putih dan hitam. Ban tersebut dikenal dengan sebutan 'whitewall tire'.
Deretan Mobil Klasik di IIMS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Menurut Zulpata, di luar penjelasan ilmiah, warna hitam sendiri juga punya benefit dari segi estetika. Kendaraan jadi terlihat proporsional dan sedap dipandang.
"Misalnya ban pakai warna putih gampang kotor juga kan, selain itu juga kalau berwarna (di luar hitam) bisa menyilaukan pengguna jalan lain, sepertinya itu," tuntasnya.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.