Ganti busi Honda Vario

Jangan Pakai Amplas, Bersihkan Busi Bisa Gunakan Sikat Gigi

4 April 2020 11:16 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Busi Honda Vario yang sudah harus diganti Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT

Waktu luang saat work from home bisa dimanfaatkan buat cek dan ganti busi motor di rumah. Ketika menemukan komponen tersebut kotor, mudahnya langsung ganti.

ADVERTISEMENT

Namun buat busi yang tidak terlalu kotor dan jarak tempuhnya belum jauh, bisa bersihkan ujung elektrodanya. Selama pemakaian, ujung elektroda busi akan muncul endapan karbon atau kerak akibat sisa pembakaran di ruang bakar mesin.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Busi motor Honda Vario Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Saat tertutupi kerak itulah elektroda tetap mengaliri listrik namun tanpa percikan bunga api, sehingga terjadi gejala brebet atau motor susah dihidupkan.

Maka supaya percikan bunga api selalu optimal dan performa motor terjaga, upayakan ujung elektroda tetap bersih. Namun jangan terbiasa gunakan amplas.

"Kalau pakai amplas akan mengikis elektrodanya, sehingga cepat habis dan menambah jarak renggang busi," ujar Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Busi yang sudah dilepas dari posisi awalnya Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Jarak busi yang semakin renggang menyebabkan pembakaran tidak maksimal. Artinya transfer energi listrik ke ujung elektroda butuh arus kuat. Bila tidak, mesin susah dinyalakan.

ADVERTISEMENT

Maka gunakan alat yang tidak mengubah kerenggangan busi. Jelas Endro gunakan sikat tembaga yang halus. Bila tidak tersedia, gunakan sikat yang lain.

Show more

"Pakai sikat gigi yang sudah tidak terpakai dan bersihkan pakai kain lap. Pastikan semuanya sudah bersih, tidak ada kotoran," katanya.

Caranya sikat seluruh permukaan busi termasuk dratnya. Tak lupa usahakan seluruh ujung elektroda yang tertutupi kerak tadi. "Kalau ada cleaner lebih baik, ditambah kompresor angin bisa lebih bersih," imbuh Endro.

***

Work from Home memang harus dilakukan demi memutus penyebaran virus corona. Biar enggak bosan #dirumahaja, Anda bisa mengecek kondisi mobil atau motor, tanpa harus ke bengkel. Simak tips and trick-nya dalam collection berikut ini.