Jadi Calon Rival Honda ADV 160, Kapan Aprilia SR GT 200 Meluncur?

5 Juli 2022 15:00 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Motor matik adventure Aprilia SR GT 200 mejeng di Sirkuit Mandalika. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Motor matik adventure Aprilia SR GT 200 mejeng di Sirkuit Mandalika. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Honda ADV 160 hingga kini masih melenggang sendirian di kelas motor skutik premium bergaya adventure. Namun, tidak lama lagi pasar Indonesia akan kembali kedatangan satu lagi motor pada kelas yang sama yakni Aprilia SR GT 200.
ADVERTISEMENT
Jauh sebelum Honda ADV 160 meluncur, wujud Aprilia SR GT 200 ini sebenarnya sudah tebar pesona di Indonesia, tepatnya pada saat perhelatan ajang balap MotoGP di Mandalika, Maret lalu. Hanya saja, saat itu motor matik tersebut belum resmi diluncurkan.
Memang sampai saat ini belum ada informasi resmi kapan tanggal pastinya Aprilia SR GT 200 tersebut akan benar-benar mengaspal di tanah air. Pun ketika kumparanOTO mencoba mengkonfirmasi kepada Piaggio Indonesia.
“Pokoknya segera pada tahun ini,” ujar Managing Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega kepada kumparanOTO saat sela Vespa World Days 2020 Bali di Peninsula Island, Nusa Dua belum lama ini.
PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan new Honda ADV 160 (1/7). Foto: Sena Pratama/kumparan
Pada laman resmi Aprilia Indonesia, juga sudah terpampang sebuah siluet yang jelas mencirikan sebuah Aprilia SR GT 200 lengkap dengan tulisan ‘Ciao Indonesia, Coming Soon’. Kehadirannya juga semakin diperkuat dari rilisnya nilai NJKB Jakarta.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, Aprilia SR GT 200 bukan merupakan lawan langsung dari Honda ADV 160. Tetapi, tidak ada salahnya jika mencoba membandingkan keduanya bila Anda hendak mencari alternatif motor matik bergaya adventure dengan cita rasa berbeda.

Sama-sama menonjolkan kesan adventure

Baik Honda ADV 160 dan Aprilia SR GT 200, sama-sama mengedepankan bahasa desain yang tajam dan agresif membuat tampilan keduanya menjadi lebih kekar dan gagah untuk sebuah motor matik.
Honda ADV 160 mengusung bahasa desain baru ‘though and robust’ yang tetap tampil dengan desain motor seri Honda ADV lainnya yang khas. Lampu depan LED dengan model terpisah lengkap dengan aksen DRL LED memanjang sampai ke atas.
Motor matik adventure Aprilia SR GT 200 mejeng di Sirkuit Mandalika. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Kemudian ada juga windshield yang cukup panjang serta dapat diatur tingkat ketinggiannya. Setang yang digunakan juga model fatbar yang biasa dipakai pada motor adventure. Ban yang digunakan pun jenis touring, memungkinkan melewati medan yang tak mulus sekalipun.
ADVERTISEMENT
Begitu juga dengan Aprilia SR GT 200, hanya saja sekilas tampilannya lebih ke arah sporty. Ini terlihat dari tampilan depan dan desain lampu yang mirip dengan motor sport Aprilia yakni RS 660.
Motor ini juga punya windshield yang cukup besar di depan, kemudian agar menunjang kesan adventure-nya. Dipasangkan ban jenis touring, lengkap dengan kaki-kaki yang lumayan jangkung, sehingga ground clearance-nya terlihat tinggi.

Jantung pacu yang mirip

Motor matik adventure Aprilia SR GT 200 mejeng di Sirkuit Mandalika. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Berbicara soal sumber tenaga, keduanya memiliki kapasitas mesin yang tak terlampau jauh. Honda ADV 160 menggunakan mesin 156,9 cc atau dibulatkan menjadi 160 cc. Sedangkan, Aprilia SR GT 200 menggunakan mesin 174 cc dengan sertifikasi EURO 5.
Mesin Honda ADV 160 dapat menghasilkan tenaga 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm yang dipadukan dengan sistem penyuplai bahan bakar injeksi PGM-Fi. Sementara, mesin Aprilia SR GT 200 mampu menghasilkan tenaga 17,43 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 16,5 Nm pada 7.000 rpm.
ADVERTISEMENT

Kepraktisan

Motor matik adventure Aprilia SR GT 200 mejeng di Sirkuit Mandalika. Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Berbicara fitur dan kepraktisan, Honda ADV 160 menawarkan paket yang terbilang lengkap. Misalnya sistem lampu yang seluruhnya sudah menggunakan LED, panel instrumen desain baru yang menampilkan informasi lengkap.
Lalu ada fitur tambahan yang biasanya terdapat pada big bike premium Honda lainnya yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berguna menyeimbangkan kerja putaran roda sehingga mencegah terjadinya slip pada ban belakang.
Ada juga bagasi yang lebih besar menjadi 30 liter, tinggi jok yang dibuat lebih rendah menjadi 780 mm. Dermaga USB untuk mengisi daya ponsel atau perangkat pemilik. Fitur Idling Stop System, Emergency Stop Signal, sampai rem ABS dan CBS.
Sementara Aprilia SR GT 200, belum ada data teknis dan kelengkapan resmi. Tetapi mengacu pada laman resmi Aprilia Global, motor ini telah dilengkapi dengan fitur ABS sebagai penunjang keselamatan, bagasi yang cukup luas berkapasitas 25 liter, panel meter digital, sampai fitur konektivitas Aprilia MIA.
ADVERTISEMENT

Harga

Honda ADV 160 dipasarkan dalam dua pilihan varian yakni yang termurah tipe CBS dengan banderol harga On The Road Jakarta Rp 36 juta dan tipe ABS dengan banderol Rp 39,25 juta.
Sedangkan, Aprilia SR GT 200 karena belum diluncurkan jadi belum ada harga OTR resminya. Namun, pada situs NJKB Jakarta terlihat bahwa Aprilia SR GT 200 harga dasar Rp 44 juta dan Aprilia SR GT 200 S punya harga dasar Rp 43,9 juta. Tentunya ini belum ditambah dengan instrumen pajak lainnya.
***