Intip Kenyamanan Bus Baru ALS Rute Medan - Malang, dengan Sasis Mercedes-Benz

20 Oktober 2020 10:10 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bus baru ALS yang menggunakan Mercedes-Benz dan bodi dari karoseri Adi Putro. Foto: dok. PT Antar Lintas Sumatera
zoom-in-whitePerbesar
Bus baru ALS yang menggunakan Mercedes-Benz dan bodi dari karoseri Adi Putro. Foto: dok. PT Antar Lintas Sumatera
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perusahaan Otobus Antar Lintas Sumatera (ALS) kembali menambah armada barunya untuk rute Medan - Malang, dengan kode New ALS 347.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari akun Instagramnya @pt.antarlintassumatera, bus dengan rute terjauh itu, menggunakan sasis dan mesin Mercedes-Benz OH 1526 yang dibalut bodi Jetbus3+ HDD dari karoseri Adi Putro.
Penggunaan sasis dan mesin dari Mercedes-Benz tersebut, tentu saja guna memberikan kemampuan yang maksimal dalam menempuh perjalanan sejauh lebih dari 2.000 kilometer untuk satu kali tempuh.
Di atas kertas, mesin Mercedes-Benz OH 1526 itu memiliki spesifikasi mesin diesel 6 silinder segaris injeksi dengan turbo intercooler berkubikasi 6.400cc.
Mesin besar itu menghasilkan tenaga 260 daya kuda dan torsi puncak 950 Nm. Selanjutnya tenaga dan torsi itu akan dikombinasikan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan maju.

Kenyamanan dan keselamatan bus baru ALS

Nah, menyoal konfigurasi kursinya, bus asal Sumatera Utara ini hadir dengan konfigurasi kursi 2+2 dan menggunakan jok berbahan fabric berwarna cokelat. Terdapat juga bagasi kabin model tertutup, yang membuatnya semakin terkesan mewah seperti pada pesawat terbang.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang sering buang air kecil saat perjalanan jauh, tak perlu khawatir. Sebab, pada bagian belakang bus ALS ini sudah dilengkapi dengan toilet di sisi kirinya.
Tapi ingat, toilet itu hanya boleh digunakan untuk buang air kecil itupun harus dilakukan saat bus berjalan.
Nah penunjang kenyamanan lainnya, dari situs resmi Adi Putro, bodi tipe Jetbus3+ HDD sudah dibekali layar TV LED berukuran 32 inci di bagian depan dan tengah, DVD player dengan 8 speaker, hingga colokan pengisian daya smartphone.
Sementara untuk fitur keselamatannya, bus kelas Executive ini memiliki 2 pintu darurat, 2 buah APAR, serta alat pemecah kaca.
Bagi Anda yang ingin menjajal bus baru dari ALS ini, satu kali perjalanan Medan menuju Malang atau sebaliknya, dibanderol dengan harga berkisar Rp 550 ribu hingga Rp 650 ribuan per orang.
ADVERTISEMENT
Harga itu tentu saja sudah termasuk biaya penyebrangan kapal di pelabuhan Merak Banten atau Bakauheni Lampung. Anda tertarik untuk mencoba?
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Saksikan video menarik di bawah ini: