Inilah Daftar 21 Bengkel Konversi Motor Listrik Tersertifikasi Kemenhub

21 Maret 2023 15:39 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pekerja memasukkan baterai saat mengonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik di Lengkong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (15/9/2022). Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Pekerja memasukkan baterai saat mengonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik di Lengkong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (15/9/2022). Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah resmi memberikan bantuan pembelian motor listrik baru dan konversi mulai Senin (20/3). Nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 7 juta per unit, baik produk baru maupun konversi.
ADVERTISEMENT
“Konversi dilakukan Kementerian ESDM. Untuk penerima manfaat motor konversi, tidak ada batasan,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Acara Peluncuran Kebijakan Bantuan Pemerintah untuk KBLBB, Senin (20/3).
Pekerja memasang baterai saat mengonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor listrik di Lengkong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (15/9/2022). Foto: Rivan Awal Lingga/ANTARA FOTO
Bantuan ini akan berlaku selama dua tahun pada 2023 dan 2024. Total anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah mencapai Rp 7 triliun. Di tahun ini, targetnya ada 50.000 unit motor listrik konversi hingga 2023. Sementara, 150 ribu unit motor listrik konversi ditargetkan dapat tercapai di 2024.
“Kita mengharapkan mampu menambah konsumsi listrik hingga 15 GigaWatt Hour (GWh) serta mengurangi emisi sebesar 0,03 juta ton CO2 ekuivalen. Pemberian bantuan diberikan ke bengkel yang sudah tersertifikasi Kemenhub,” tambah Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM Agus Tjahjana.
ADVERTISEMENT
Motor listrik konversi PLN IIMS 2023 Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
Nantinya, platform digital layanan satu pintu akan disediakan oleh pemerintah. Pengajuan dan monitoring proses konversi akan bisa dilihat oleh seluruh pihak melalui laman tersebut.
“Tahapan penyelesaian platform saat ini dalam proses integrasi server ke Kementerian ESDM. Diharapkan selesai paling lambat akhir bulan ini. Saat ini, juga sedang melakukan verifikasi sebelum dapat didaftarkan ke platform konversi, target selesai 27 Maret 2023. Target yang sama juga untuk industri komponen pendukungnya,” sambungnya.

Targetkan Penambahan 42 Bengkel di Tahun 2023

Diketahui ada 21 bengkel konversi bersertifikat Kementerian Perhubungan. Kapasitas konversinya mencapai 1.900 unit per bulan. Nantinya, ini akan diperbanyak jumlahnya untuk memudahkan masyarakat.
“Untuk memenuhi target bantuan konversi, akan dilatih hampir 1.020 bengkel di 10 kota di Indonesia yaitu Bandung, Semarang, Purbalingga, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar, Mataram, Kupang dan Balikpapan,” katanya.
Vespa Elettrico konversi motor listrik garapan Elders Garage. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Bantuan konversi akan diberikan kepada bengkel konversi. Berikut ini daftar lokasi bengkel konversi tersertifikasi Kemenhub di Indonesia, yang bisa dijadikan rujukan untuk mengubah motor biasa menjadi berbasis listrik.
ADVERTISEMENT