Ini Akibatnya Sering Telat Mengoper Gigi Mobil Manual

22 Februari 2020 12:40 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Transmisi Manual 6 percepatan Mahindra Scorpio Pikup Foto: Ghulam M Nayazri
zoom-in-whitePerbesar
Transmisi Manual 6 percepatan Mahindra Scorpio Pikup Foto: Ghulam M Nayazri
ADVERTISEMENT
Mobil manual kerap menjadi pilihan karena menawarkan akselerasi yang lebih baik. Tak cuma itu, ongkos perawatan yang relatif murah dan mudah pun membuat banyak orang tetap membelinya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya meski sudah banyak yang mengenal dan menggunakan mobil bertransmisi manual, tidak jarang beberapa orang belum memahami teknik perpindahan gigi yang benar.
Tuas transmisi Suzuki Jimny Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Ya contohnya kebiasaan pindah gigi saat putaran mesin tinggi, atau memaksa menggunakan gigi tinggi tapi kecepatan masih rendah.
Padahal menurut Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, perpindahan gigi mobil manual sebaiknya dilakukan saat putaran mesin belum tinggi.
“Memang idealnya putaran mesin dan roda tidak terlalu jauh berbeda saat ganti gigi, artinya jangan tunggu putaran mesin sampai tinggi,” jelas Didi kepada kumparan, Jumat (21/2) sore.
Tuas persneling Toyota Kijang generasi keempat Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Tambah Didi, perilaku sering telat ganti gigi tersebut bisa berdampak pada durabilitas komponen penggerak.
“Kalau terus dilakukan bisa menyebabkan perpindahan gigi jadi kasar, konsumsi bahan bakar jadi boros, dan pastinya pelat kopling akan cepat tipis,” ucap Didi.
Cara mengoperasikan gigi mundur Wuling Confero S ACT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Oleh karena itu, Didi pun menyarankan agar melakukan perpindahan gigi sesuai dengan anjuran yang terdapat pada buku petunjuk teknis mobil.
ADVERTISEMENT
Setiap mobil, kata Didi, memiliki waktu perpindahan gigi yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, perpindahan gigi yang ideal umumnya dilakukan pada rentan putaran mesin 2 ribu hingga 3 ribu rpm.
“Tergantung pada kapasitas mesin mobil dan rasio gear-nya ya, untuk lebih pastinya sih bisa lihat di buku manual,” tutup Didi.