Imbas Corona, Hino Indonesia Akhirnya Setop Produksi Sementara

9 April 2020 16:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pabrik Truk Hino di Indonesia Foto: PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI)
zoom-in-whitePerbesar
Pabrik Truk Hino di Indonesia Foto: PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI)
ADVERTISEMENT
PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) akan menghentikan sementara aktivitas perakitan truk dan bus Hino selama dua pekan. Kebijakan ini dilakukan sebagai dampak meluasnya pandemi COVID-19 atau virus corona.
ADVERTISEMENT
Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso mengatakan, penutupan sementara aktivitas pabrik didasari dua faktor, yaitu melambatnya pasar kendaraan truk dan bus di Indonesia, serta beberapa rantai pasokan komponen impor mengalami gangguan.
"Langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan yang tengah dilakukan, dan tetap melakukan tindakan yang terbaik untuk memberikan rasa aman dan lingkungan yang sehat untuk semua stakeholder kami,” kata Masahiro Aso dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Kamis (9/4).
Pabrik Truk Hino di Indonesia Foto: PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI)
Penghentian aktivitas pabrik tersebut, lanjut Masahiro, akan berlangsung mulai 13 hingga 24 April 2020. Sementara aktivitas lain yang tidak terkait dengan produksi tetap berlangsung sesuai keperluan dan terbatas, social distancing, dan bekerja dari rumah (work from home) juga telah dijalankan.
ADVERTISEMENT
Soal status karyawan pabrik, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia, Santiko Wardoyo, memastikan tidak ada pengurangan upah selama penutupan pabrik.
"Tidak ada pengurangan upah, kita masih tetap bayar penuh, termasuk karyawan yang dirumahkan juga belum ada," ujarnya saat dihubungi kumparan.
Layanan penjualan dan purna jual
Promo layanan servis Hino. Foto: PT Hino Motors Sales Indonesia
Penjualan dan layanan purna jual kendaraan niaga Hino masih tetap berjalan normal. Begitu pula dengan stok unit penjualan, Masahiro memastikan masih dapat memenuhi permintaan di Indonesia.
“Walau pabrik kami ada penutupan sementara, namun untuk stok unit penjualan di Indonesia
dapat kami pastikan tetap aman," papar Masahiro.
Logo Hino. Foto: Dok. Hino Global
Santiko menambahkan, konsumen tidak perlu khawatir soal layanan servis kendaraan di tengah wabah virus corona. Pihaknya memastikan persediaan suku cadang service unit-unit yang masih beroperasi masih aman.
ADVERTISEMENT
"Kita sudah siap-siap dari 3 bulan lalu, untuk suku cadang unit-unit yang di jalan masih aman persediaannya. Meskipun ada kendala untuk suku cadang produksi makanya dihentikan dulu," pungkasnya.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!