Honda Scoopy Sudah Dipermak, Yamaha Fino Kapan?

5 Desember 2020 11:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
All new Honda Scoopy. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
All new Honda Scoopy. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Produk motor matik murah bergaya retro modern ada 2 pemainnya, Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Belum lama ini Honda Scoopy telah disegarkan.
ADVERTISEMENT
Selain ubahan pada tampilan, generasi terbaru Honda Scoopy juga dijejali sejumlah peningkatan, mencakup rombakan rangka, mesin, dan fitur penguncian keyless.
New Yamaha Fino Grande Foto: Gesit Prayogi/Kumparan.com
Lalu kapan Yamaha Fino mendapatkan penyegaran? Mengingat Fino terakhir dipoles 2017 lalu dengan melahirkan varian Grande. Boleh dibilang Yamaha Fino sudah harus dirombak dengan fitur baru supaya lebih kompetitif.
Ditanya soal ini, Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, mengatakan belum ada rencana dalam waktu buat melakukan penyegaran.
"Kami masih percaya diri dengan produk yang ada sekarang, perkembangan produk itu kan dinamis, kami melihat kebutuhan konsumen, update desain, fitur. Kalau ditanya untuk sekarang belum. Kami masih menjual produk yang ada sekarang," jelasnya saat ditemui di Sentul, Jawa Barat belum lama ini.
New Yamaha Fino Grande Foto: Gesit Prayogi/Kumparan.com
Klaim Anton, penjualan Yamaha Fino masih dikatakan dalam kondisi yang wajar, tidak lebih kecil atau lebih besar dari penjualan motor matik Yamaha lainnya di luar kelas Maxi.
ADVERTISEMENT
"Di kelas 125 itu penjualannya hampir merata, karena tidak melihat siapa yang lebih tinggi, karena secara produk sesuai karakter konsumennya. Mereka yang pakai Fino dulu segmentasinya wanita, sekarang belakang cowok juga pakai," ujarnya.
Yamaha Fino Royal Blue Foto: dok. YIMM
Yamaha Fino tambah Anton lebih banyak terserap di Indonesia wilayah timur. Maka dari itu, jaringan diler Yamaha di wilayah tersebut sering mengajukan permintaan khusus berupa penyegaran warna Fino.
Paling terbaru adalah Yamaha Fino varian sporty dengan kombinasi kelir hitam dan kuning, yang hanya ada di sana. Bila melihat katalog resmi di laman Yamaha, pilihan warna tersebut tidak tersedia, artinya memang dijual khusus.
Yamaha Fino pertama meluncur 2012 lalu. Saat itu namanya masih Mio Fino dengan mesin 113 cc. Selang dua tahun, Yamaha menetaskan Mio Fino dengan mesin berpengabutan injeksi yang disebut YMJet-FI. Baru pada 2016, lahir generasi baru yang sudah tidak lagi menggunakan nama Mio, dan mengusung mesin 125 Blue Core.
ADVERTISEMENT
Yamaha Fino kini secara umum memiliki tiga varian: Sporty, Premium, dan Grande. Selain perbedaan striping dan warna bodi, ketiganya juga punya sentuhan detail dan kelengkapan fitur yang beragam.
Yamaha Fino Luxury Red Foto: dok. YIMM
Khusus Sporty kelir velg-nya hitam dipadukan beberapa warna bodi supaya tidak monoton. Sementara versi premium hampir serupa, tapi velg-nya silver dengan warna kulit jok coklat.
Adapun varian Yamaha Fino Grande boleh dibilang sebagai trim tertinggi. Seperti varian premium, namun kelir bodinya matte biru dan merah. Fiturnya ditambahkan lampu depan LED dan Stop Start System (SSS).
Lampu utama sudah berbasis LED Foto: Gesit Prayogi/Liputan6.com
Soal jantung mekanis, Yamaha menyematkan mesin 125 cc Blue Core dengan output 9,3 dk pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Harga Yamaha Fino

Yamaha Fino Sporty Rp 18.735.000
ADVERTISEMENT
Yamaha Fino Premium Rp 18.735.000
Yamaha Fino Grande Rp 19.895.000.