ElectraMeccanica Solo, Kendaraan Listrik Unik Beroda Tiga

27 Agustus 2020 7:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ElectraMeccanica Solo. Foto: dok. Autoevolution
zoom-in-whitePerbesar
ElectraMeccanica Solo. Foto: dok. Autoevolution
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kendaraan listrik terus mengalami perkembangan pesat setiap tahunnya. Berbagai pabrikan pun berlomba-lomba untuk menghadirkan kendaraan listrik yang canggih dan punya desain menarik.
ADVERTISEMENT
Namun, berbeda dari pabrikan lainnya yang berusaha menghadirkan mobil dengan desain indah, jenama asal Kanada, ElectraMeccanica, justru memperkenalkan sebuah mobil listrik roda tiga yang memiliki desain sangat unik, yakni Solo.
Melansir dari Autoevolution, mobil listrik roda tiga itu memiliki dimensi yang sangat mungil. Bahkan, bisa dibilang sebagai mobil listrik terkecil di dunia yang ada saat ini.
Sejak pertama kali diperkenalkan dalam versi konsepnya di 2016 lalu, nyaris tak banyak ubahan yang dilakukan ElectraMeccanica pada Solo. Mobil listrik mungil itu tetap punya dimensi yang kecil dan hanya mampu menampung 1 orang saja di dalamnya.
ElectraMeccanica Solo. Foto: dok. Autoevolution

Spesifikasi kendaraan listrik ElectraMeccanica Solo

Meski tak melakukan banyak ubahan pada tampilannya. ElectraMeccanica mengklaim bahwa Solo kini mendapatkan pengembangan dalam hal jarak tempuhnya yang dapat melaju sejauh 161 kilometer dalam sekali tempuh.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk kemampuan daya lesatnya, mobil listrik bertenaga 82 dk dan torsi 174 Nm ini diklaim mampu melesat hingga 128 kilometer per jam. Tenaga itu dihasilkan dari sebuah motor listrik synchronous dan baterai berdaya 16 kWh.
ElectraMeccanica Solo. Foto: dok. Electrek
Dengan kemampuannya itu serta dengan dimensinya yang sangat mungil, ElectraMeccanica Solo memang hanya dikhususkan sebagai kendaraan perkotaan.
Rencananya, Solo akan mulai dipasarkan oleh ElectraMeccanica pada akhir tahun ini dengan target pasar pertamanya, yakni Amerika Serikat.
ElectraMeccanica Solo. Foto: dok. Autoevolution
Menyoal harganya, ElectraMeccanica Solo diprediksi akan dibanderol dengan perkiraan harga setara Rp 271 jutaan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)