Ekspor Motor Meningkat, AHM Berkontribusi 37,2 Persen

23 Desember 2019 14:21 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Honda PCX 2019 Sophisticated Matte Silver. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Honda PCX 2019 Sophisticated Matte Silver. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan peningkatan ekspor secara utuh (CBU) pada periode Januari hingga November 2019.
ADVERTISEMENT
Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, ada peningkatan 23,4 persen, dari 574.555 menjadi 750.183 unit.
Adapun dari lima pabrikan sepeda motor masuk keanggotaan AISI, Honda jadi salah satu penyumbang ekspor paling banyak. Astra Honda Motor (AHM) pada periode tersebut telah mengapalkan 279.716 unit atau berkontribusi 37,2 persen terhadap keseluruhan ekspor CBU.
Honda AHM meluncurkan dua unit kendaraan Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Sementara pabrikan sayap mengepak ini juga mengekspor kendaraan roda dua secara terurai (CKD) sebanyak 321.620 set komponen pada kurun waktu yang sama.
"Kami berupaya terus memberikan kontribusi signifikan bagi negeri ini dalam ekspor sepeda motor produksi anak bangsa yang berkualitas tinggi," kata General Manager Overseas Business Division PT AHM Kurniawati Slamet, dari keterangan resmi yang diterima kumparan, Jumat (20/12).
ADVERTISEMENT
Soal produk yang laris di pasar ekspor, Honda BeAT biasa memuncaki klasemennya. Namun pada November kemarin, posisi BeAT terpaksa bergeser karena Honda Vario 125 merangsek jadi model roda dua paling diminati di luar negeri.
Khususnya di Filipina, ekspor Vario lebih besar dari BeAT, atau 13.536 berbanding 13.008 unit.
Secara total, ekspor CBU AHM pada bulan November mencapai 33.704 unit atau naik 74,7 persen bila dibandingkan tahun lalu sebanyak 19.282 unit.
Formulasi suspensi Honda PCX 150 cukup nyaman Foto: Istimewa

Ekspor perdana Honda PCX

Tak cuma itu, AHM juga merayakan ekspor perdana PCX dalam bentuk CKD ke Brazil. Meski tidak melampirkan jumlah komponen yang dikapalkan, angkanya sudah termasuk ke dalam volume ekspor CKD yang telah disebutkan sebelumnya.
"Kami melakukan ekspor perdana ke Brazil pada kuartal terakhir tahun ini. Ini ekspor perdana kami ke negara di luar Asia. Kami harap ke depan bisa berkembang lebih luas, baik dari sisi negara tujuan maupun produknya," ujar Kurniawati.
ADVERTISEMENT
Bagi AHM, Brazil jadi pasar baru, setelah berlangganan ekspor ke tujuh negara di Asia dan Amerika termasuk Bangladesh, Jepang, Kamboja, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.