Daftar Kendaraan Raja Narkoba El-Chapo, Punya Banyak Mobil Lapis Baja

22 Januari 2023 23:01 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman. Foto: REUTERS/Tomas Bravo
zoom-in-whitePerbesar
Gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman. Foto: REUTERS/Tomas Bravo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Joaquin "El Chapo" Guzman merupakan pemain lama di dunia narkotika dan terkenal sebagai bandar terbesar. Penjahat paling dicari di dunia itu mengepalai gembong narkoba terbesar di dunia yang berbasis di Meksiko, Sinaloa.
ADVERTISEMENT
Saat ini, ia menjalani hukuman seumur hidup di penjara berkeamanan super-maksimum di Negara Bagian Colorado sejak 2019 karena tertangkap memperdagangkan ratusan ton narkoba selama 25 tahun ke Amerika Serikat.
El Chapo sendiri diketahui memiliki beberapa koleksi mobil maupun motor mahal yang digunakan untuk mendukung kesehariannya. Berikut ini adalah rangkumannya mengutip Hotcar.

1. Volkswagen Jetta Armored

Koleksi mobil yang cukup unik adalah Volkswagen Jetta yang dilengkapi dengan armor. Punya tampilan tidak mencolok mungkin jadi alasan kendaraan ini dipilih. Apalagi, El Chapo perlu tampilan yang tidak mencolok agar aman.
Sedan ini punya panjang 4.554 mm, lebar 1.781 mm dan tinggi 1.460 mm. Wheelbase-nya mencapai 2.580 mm. Bobotnya bila tidak menggunakan armor berkisar 2 ton. Mobil ini ditaksir punya nilai setara Rp 417 juta.
Volkswagen Jetta. Foto: dok. Hotcar

2. Armored Nissan Frontier

Ada pula Nissan Frontier yang dipasang armor pada daftar koleksi mobil dan motor El Chapo. Mobil double cabin ini punya kapabilitas untuk menerjang medan jalanan yang sempit ataupun hutan yang lebat.
ADVERTISEMENT
Mobil ini menggunakan mesin 4.0 V6 yang mampu memuntahkan tenaga hingga 261 hp. Torsinya mencapai 381 Nm pada 4.000 rpm. Pilihan transmisinya ada manual maupun otomatik.
Nissan Navara Frontier 2007. Foto: dok. Istimewa

3. Armored Jeep Liberty

Mobil Jeep Liberty dengan armor digunakan untuk keamanan El Chapo dan keluarganya. Tak jarang, mobil ini juga sering digunakan untuk transaksi narkoba. Model ini sudah dihentikan produksinya pada tahun 2012 lalu.
Mengutip Car and Driver, mobil ini menggunakan mesin V6 yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 210 hp pada 5.200 rpm dan torsi mencapai 235 Nm di 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke empat rodanya melalui transmisi manual atau otomatik.
Jeep Liberty. Foto: dok. Hotcar

4. Armored Jeep Grand Cherokee

El Chapo juga diketahui memiliki Jeep Grand Cherokee lapis baja yang sudah disita oleh pihak berwajib tahun 2015 lalu. Kombinasi kenyamanannya sedikit lebih baik dibanding mobil Jeep sebelumnya dan punya kemampuan untuk off-road.
ADVERTISEMENT
Mobil ini punya pilihan mesin yang beragam seperti 3.6 L Pentastar V6 dengan keluaran tenaga mencapai 237 hp dan torsi 550 Nm. Sementara, model 5.7 L Hemi V8 output tenaganya hampir 360 hp dengan torsi 529 Nm.
Jeep Grand Cherokee SRT 6.4L V8 HEMI 2015. Foto: motortrend.com

5. Armored Ford Lobo

Koleksi mobil lapis baja lainnya yang diketahui adalah Ford F-150 atau yang dikenal sebagai Ford Lobo. Punya ketangguhan yang baik dengan pilihan powertrain dan konfigurasi tersendiri jadi salah satu alasan pemilihannya.
Ford Lobo sendiri sudah ada 14 generasi. Pilihan mesinnya cukup beragam ada diesel yang sudah dihentikan sejak tahun 2021 dan digantikan hybrid maupun bensin. Pilihan penggeraknya ada AWD (All Wheel Drive) maupun 2WD (Two Wheel Drive).
Ford F-150 atau dikenal Ford Lobo. Foto: dok. Hotcar

6. Armored Dodge Ram HEMI

Selanjutnya ada Dodge Ram HEMI lapis baja yang dimiliki oleh raja narkoba ini. Sejumlah dua unit mobil dimilikinya untuk mendukung kerajaan bisnisnya.
ADVERTISEMENT
Mobil ini menggunakan mesin V8 HEMI yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 345 hp dengan torsi maksimum mencapai 508 Nm. Itu kemudian dialirkan ke transmisi manual 6 percepatan atau matik 6 percepatan.
Dodge RAM. Foto: dok. Hotcar

7. Fox Body Ford Mustang

Koleksi lainnya adalah Fox Body Ford Mustang lansiran 1979. Kemungkinan besar, El Chapo memilikinya ketika usianya di pertengahan 20-an.
Mobil sport ini punya pilihan mesin yang cukup beragam. Trim tertingginya menggunakan mesin berkubikasi 5.000 cc yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 140 hp. Akselerasi dari 0 sampai 100 dapat diraih dalam waktu 8.3 detik saja.
Fox Body Ford Mustang. Foto: dok. Hotar
8. Jeep Wrangler Sahara
Selanjutnya ada Jeep Wrangler Sahara yang amat disukai oleh El Chapo. Mobil ini punya pilihan mesin V6 3.600 cc yang bertenaga 285 dk dan torsi 352 Nm serta pilihan lainnya mesin 2.000 cc turbocharged yang menjanjikan tenaga 270 dk dan torsi 399 Nm.
ADVERTISEMENT
Dengan spesifikasi tersebut mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 180 km/jam. Modelnya sendiri ada dua yaitu 2 pintu dan empat pintu.
Jeep Wrangler Rubicon mendarat di Indonesia. Foto: DAS Indonesia Motor

9. Hummer H2

Koleksi SUV lainnya yang dimiliki oleh gembong narkoba asal Meksiko ini adalah Hummer H2. Punya konsep gagah dan tangguh seperti mobil militer tetapi ada sentuhan elegan tentunya jadi pilihan sebagai kendaraan yang aman baginya.
Mobil ini mengusung mesin bensin V8 berkapasitas 6.2 liter. Di atas kertas, mesin itu menawarkan tenaga hingga 393 dk pada 5.700 rpm.
Mobil mewah sitaan KPK. Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan

10. Dodge Viper

Selanjutnya ada mobil sport Dodge Viper. Kendaraan lansiran tahun 1991 ini punya mesin V10 berkapasitas 8.390 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 649 hp dengan torsi maksimum 813 Nm.
ADVERTISEMENT
Aura balapnya tersaji baik di eksterior maupun ruang interior. Cita rasa premiumnya tentu masih dipertahankan dengan balutan kulit pada lapisan ruang kokpit seperti jok, dashboard hingga doortrim-nya.
Dodge Viper. Foto: dok. Hotcar

11. Nissan GT-R

ADVERTISEMENT
Mobil sport lainnya adalah Nissan GT-R. Mobil ini memang cukup populer apalagi sempat dikendarai oleh Paul Walkers di film 2 Fast 2 Furious.
Mobil ini menggunakan mesin V6 berkubikasi 3.799 cc yang mampu memuntahkan tenaga 480 hp. Itu dikombinasikan dengan transmisi dual clutch enam percepatan. Akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 3.5 detik saja.
Nissan Skyline GT-R R34 M-Sport Dilelang Mulai Rp 6,6 Miliar. Foto: Dok. Carscoops

12. Mercedes-Benz CLA 45 AMG

Mercedes-Benz CLA 45 AMG nampak ketika koleksi mobil El Chapo disita pada tahun 2015. Kendaraan ini cukup disukai olehnya karena mampu menampilkan sisi kemewahan tersendiri.
ADVERTISEMENT
Dikemas dengan mesin 2.0 L empat silinder dengan twin croll turbo, tenaga yang dihasilkan mencapai 376 hp dengan torsi maksimum 474 Nm.
Mercedes Benz CLA 45 AMG. Foto: dok. Hotcar

13. Mercedes-Benz G63 AMG

SUV Mercedes-Benz G63 AMG juga masuk ke dalam koleksinya. Ini merupakan mobil dengan ground clearance kedua termewah di kelasnya yang bisa dibeli oleh masyarakat umum.
Dikemas dengan mesin V8, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 537 hp dengan torsi maksimum 760 Nm. Tentunya, ini memberikan kenyamanan dan keamanan sendiri ketika menaikinya.
Mercedes-Benz AMG G63 di GIIAS 2019 Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan

14. Mercedes Benz SLS AMG

Masih berasal dari jenama asal Jerman, El Chapo juga punya koleksi Mercedes Benz SLS AMG yang dikenal punya desain dan performansi tingkat atas. Banderolnya sendiri mencapai Rp 45 miliar lebih.
ADVERTISEMENT
Punya mesin 6.028 cc, output tenaganya mencapai 425 hp di 6.800 rpm dan torsi sebesar 650 Nm di 4.750 rpm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke transmisi otomatik 7-percepatan.
Mercedes SLS AMG. Foto: dok. Hotcars

15. C6 Chevrolet Corvette ZR1

Kali ini, ada C6 Chevrolet Corvette ZR-1 yang ditaksir punya nilai mencapai Rp 1,96 miliar. Desainnya yang ramping memberikan kesan tersendiri ketika mengendarainya.
Jantung mekanisnya sendiri menggunakan mesin 6.2 L V8 supercharged yang mampu menghasilkan tenaga 638 hp. Kecepatan maksimumnya sendiri mencapai 308 km/jam.
Chevrolet Corvette ZR1. Foto: dok. Hotcar

16. Dodge Challenger SRT

Dodge Challenger SRT dibeli oleh El Chapo pada tahun 2017 ketika ia bebas di pelariannya. Tak mengeherankan, punya gaya khas dengan mesin gahar tentu menarik perhatian raja narkoba tersebut.
ADVERTISEMENT
Mobil ini punya mesin yang mampu menghasilkan tenaga hingga 840 hp dan waktu akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dicapai dalam waktu 2,7 detik saja.
Dodge Challenger SRT. Foto: dok. Hotcar

17. RENNtech-Modified Mercedes-Benz SLR McLaren

Mobil sport modifikasi RENNtech asal Florida, Mercedes Benz SLR McLaren masuk ke dalam koleksinya. Tampilannya lebih agresif dengan paket aero yang tersemat di eksteriornya.
Mobil yang dibelinya ini punya mesin V8 5.0 liter supercharged yang sudah dimodifikasi sehingga keluaran tenaga maksimumnya mencapai 722 hp dengan torsi 969 Nm.
RENNtech-Modified Mercedes-Benz SLR McLaren. Foto: dok. Hotcar

18. Ducati Hypermotard 1100

Kali ini, ada koleksi kendaraan roda Ducati Hypermotard 1100. Motor ini punya sedikit tampilan ala Ducati Monster tetapi lebih off-road. Ini memungkinkan pengendaranya melalui trek datar berpasir maupun aspal.
ADVERTISEMENT
Sepeda motor ini punya mesin berkubikasi 1.078 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 90 hp di 7.750 rpm dan torsi sebesar 102.9 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke transmisi manual enam percepatan.
Ducati Hypermotard. Foto: dok. Ducati

19. Ducati Monster

Motor ini tentunya jadi pilihan El Chapo untuk berjaga-jaga kalau sampai dikejar oleh pihak kepolisian.Alasannya karena kendaraan ini punya mesin yang powerful dan mampu melesat dengan kecepatan tinggi dalam waktu cepat.
Motor ini punya mesin 90° V-twin, desmodromic valves dengan pilihan tenaga yang cukup beragam. Kecepatan maksimumnya sendiri mencapai 225 km/jam.
Ducati Monster Foto: istimewa

20. Dodge Charger Police Car Clone

Koleksi mobil terakhirnya cukup unik yaitu Dodge Charger yang punya livery ala kepolisian Amerika Serikat. Tentunya, ini dilakukan agar ia bisa menjalankan bisnisnya dengan bebas dan aman.
ADVERTISEMENT
Pilihan mesinnya ada Standard 3.6L Pentastar V6 dengan penggerak roda belakang bertenaga 292 hp dan 5.7L HEMI V8 yang berpenggerak semua roda bertenaga 370 hp. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke transmisi otomatik lima percepatan dengan autostick.
Dodge Charger Police Car di Amerika Serikat. Foto: dok. Hotcar