Crossover Listrik Pertama Lexus Siap Meluncur, Simak Kemampuannya

28 November 2019 18:10 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Lexus UX300e Foto: dok. Autoindustriya
zoom-in-whitePerbesar
Lexus UX300e Foto: dok. Autoindustriya
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tidak mau ketinggalan dari pabrikan mobil premium lainnya, jenama asal Jepang, Lexus, diam-diam sedang mempersiapkan Crossover bertenaga listrik murni, yaitu UX300e.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Autoindustriya, Lexus UX300e tersebut, akan menjadi varian listrik pertama dari merek Lexus. Meluncur secara resmi di Guangzhou, China, akhir tahun 2019 ini, UX300e menawarkan tampilan yang elegan dan berpadu dengan gaya sporty khas sebuah crossover.
Meski begitu, tidak ada perbedaan signifikan antara tampilan eksterior dan interior UX300 bermesin bensin dan versi listriknya. Perbedaan hanya terdapat pada emblem depan dan belakang, port pengisian daya, serta shift by wire di konsol tengah.
Lexus UX300e Foto: dok. Autoindustriya
Untuk jantung pacunya, UX300e dibekali dengan satu motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 202 dk dan torsi 300 Nm. Sementara untuk baterainya, Lexus UX300e menggunakan lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh.
Platform Lexus UX300e Foto: dok. Autoindustriya
Dengan penggunaan baterai tersebut, mobil ini diklaim dapat terus melaju hingga jarak 400 km. Untuk memberikan sensasi engine brake, Lexus menyematkan paddle shift yang memiliki empat tingkatan regeneratif perlambatan.
ADVERTISEMENT
Paddle shift tersebut, tentu saja dapat digunakan juga saat pengemudi ingin memindahkan gigi secara manual. Tidak lupa, Lexus juga turut menyematkan sistem manajemen suhu pada baterai mobil ini, sehingga pengemudi dapat memonitor kondisi suhu baterai apakah dalam suhu tinggi atau rendah.
Interior Lexus UX300e Foto: dok. Autoindustriya
Salah satu fitur yang sangat menarik dari mobil ini, yaitu pengguna dapat memantau dan mengontrol fungsi pengaturan tertentu dari mobil ini melalui aplikasi pada smartphone. Seperti kondisi baterai, status pengisian baterai, membuka alarm pintu, hingga menyalakan pendingin mobil.
Aplikasi Smartphone untuk Lexus UX300e Foto: dok. Autoindustriya
Rencananya, Lexus UX300e ini akan menjalani debut globalnya pada tahun 2020 mendatang untuk kawasan Eropa dan China, serta menyusul setahun kemudian untuk pasar Jepang.
Untuk pasar Indonesia sendiri, sebelumnya pihak Lexus Indonesia sempat memberikan kode bahwa mereka membuka peluang untuk menghadirkan mobil listrik dalam wujud SUV.
ADVERTISEMENT