Citroen Ami, Mobil Listrik Mungil Seharga Rp 94 Jutaan

29 Februari 2020 15:34 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Citroen Ami Foto: dok. Auto Express
zoom-in-whitePerbesar
Citroen Ami Foto: dok. Auto Express
ADVERTISEMENT
Pabrikan asal Prancis, Citroen, baru saja meluncurkan kendaraan listrik terbarunya. Namanya Ami, namun tidak serupa Ami yang dibuat pada tahun 1961, yang terbaru ini wujudnya mungil serupa Smart Fortwo.
ADVERTISEMENT
Ya Citroen Ami layaknya city car tapi hanya mampu mengakomodasi dua orang penumpang termasuk pengemudinya. Meski begitu seperti mengutip Electrek, pabrikan enggan menyebutnya sebagai mobil listrik.
Citroen Ami Foto: dok. Auto Express
Citroen sengaja melabelinya sebagai light quadricycle, atau kendaraan beroda empat yang ringan. Sehingga remaja berusia 14 tahun tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM) boleh mengendarainya di sana.
"Tahun ini Citroen telah menghadirkan solusi mobilitas perkotaan baru yang dapat diakses semua orang: kompak, protektif, listrik murni, terjangkau dan tanpa SIM," ujar CEO Citroen, Vincent Cobee.
Citroen Ami Foto: dok. Auto Express
Memang seberapa terjangkau Citroen Ami ini? Berdasarkan keterangan resmi, banderolnya enam ribu Euro atau setara dengan Rp 94,7 jutaan (nilai tukar per Sabtu 29 Februari 2020).
ADVERTISEMENT
Boleh dibilang betul-betul terjangkau. Mengingat pesaingnya, Renault, yang pernah merilis model serupa (Twizzy) harganya setelah dikonversikan menjadi Rp 122,9 jutaan untuk varian termurahnya.
"Ami bertujuan menjadi terobosan nyata dalam mobilitas perkotaan, solusi yang selaras dengan tren baru," lanjut Cobee.
Interior kendaraan listrik Citroen Ami Foto: dok. Auto Express
Lanjut bicara dimensi, dari keterangan resminya kendaraan yang dibangun dari purwarupa Ami One Concept ini punya panjang 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.520 mm. Sementara kaki-kakinya dipasangkan velg berdiameter 14 inci.
Kemudian menyoal spesifikasi jantung mekanisnya, pabrikan melengkapinya dengan baterai 5,5 kWh, yang menyuplai daya ke motor listriknya yang menjanjikan tenaga 8 dk.
Citroen Ami Foto: dok. Auto Express
Dari profil daya maksimumnya itu Ami bisa melaju kencang hingga 45 km/jam dan daya jelajah sekitar 70 km. Sengaja dibatasi kemampuannya karena memang hanya menyasar penggunaan dalam kota.
ADVERTISEMENT
Sementara dari fiturnya sudah lengkap dengan penghangat kabin, juga atap kaca. Boleh dikatakan Citroen Ami ini cocok buat anak muda, apalagi lebih aman ketimbang sepeda atau motor.