Cara Cegah dan Mengatasi Lampu Mobil yang Berembun

15 November 2018 14:54 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi embun di dalam lampu mobil. (Foto: Shutter stock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi embun di dalam lampu mobil. (Foto: Shutter stock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lampu mobil berembun kerap ditemui pemilik kendaraan di musim hujan seperti saat ini. Hal ini pun bisa menyebabkan warna sinar yang terpancar menjadi kusam pada taraf awal dan korsleting jika sudah parah.
ADVERTISEMENT
Kepala Bengkel Astra Daihatsu Pamulang, Robin Chandra Wijaya menjelaskan hal ini umumnya terjadi karena ada kebocoran pada bagian rumah headlamp.
"Biasanya berembun karena ada penggantian bohlam atau penambahan aksesori aftermarket yang prosesnya tidak sesuai standar. Jadi ada celah untuk air masuk ke bagian headlamp," terangnya.
Kemungkinan lain menurut Robin adalah karena usia mobil yang sudah terlalu tua. Sehingga seal atau lem antara mika dengan headlamp mulai getas akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.
Lampu utama Kia Sedona Diesel (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
zoom-in-whitePerbesar
Lampu utama Kia Sedona Diesel (Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO)
Oleh sebab itu dia menyarankan bagi pemilik mobil untuk memeriksakan kondisi seal antara mika dan lampu saat melakukan servis berkala atau setidaknya saat musim hujan akan datang.
Jika memang sudah didapati ada kebocoran dan air masuk ke dalam rumah lampu utama, Robin menyarankan untuk membuka, membersihkan, dan mengeringkan rumah lampu.
ADVERTISEMENT
"Supaya reflektor yang mengkilap dapat memantulkan cahaya yang terang. Biasanya dengan buka mikanya lalu keringkan menggunakan lap microfiber. Yang paling penting setelah itu dilakukan pengeleman ulang," ujarnya lagi.
Semua proses ini pun sebenarnya bisa dilakukan sendiri mengingat sealent bisa didapatkan di beberapa bengkel atau toko online. Namun Robin tetap menyarankan untuk mempercayakan proses seperti ini ke bengkel resmi karena sistem pengelemannya memerlukan heat gun untuk memastikan tidak ada celah tempat air bisa masuk lagi.