Beli Hyundai IONIQ 5 Sekarang Bisa Dapat Potongan PPN, Unit Dikirim Oktober

18 April 2023 7:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Test Drive Hyundai IONIQ 5. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Test Drive Hyundai IONIQ 5. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah resmi memberikan subsidi pada mobil listrik berupa potongan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10 persen. Salah satu yang mendapatkannya adalah Hyundai IONIQ 5 sebab telah memenuhi persyaratan TKDN 40 persen.
ADVERTISEMENT
“Hari ini sudah berlaku semua (potongan PPN). Pemerintah juga kan sudah mengeluarkan aturan final. IONIQ 5 kan ada empat tipe, range-nya itu kira-kira Rp 60 juta sampai Rp 70 juta, untuk potongannya, tergantung harga OTR tiap daerah,” kata Sales Director PT HMID, Erwin Djajadiputra di Jakarta, Senin (17/4).
Pengunjung melihat mobil Hyundai Ioniq 5 pada ajang pameran GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/8). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Dirinya menjelaskan, potongan Rp 60 juta diberikan untuk model terendah, Hyundai IONIQ 5 Prime Standar Range. Sementara, potongan Rp 70 juta diberikan bagi tipe tertingginya, Signature Long Range.
“Untuk model tengahnya, nanti akan ada pengumumannya. Tapi, itu semua sudah berlaku, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 Tahun 2023,” jelasnya.
Bila mengacu pernyataan tersebut, Hyundai IONIQ 5 Prime Standar yang awalnya dibanderol Rp 748 juta, kemungkinan harganya bisa menjadi Rp 688 jutaan. Kendaraan setrum ini punya jarak tempuh 384 kilometer.
ADVERTISEMENT
Sementara, model tertingginya, Hyundai IONIQ 5 Signature Long Range, yang awalnya Rp 859 jutaan, menjadi Rp 789 jutaan saja. Mobil ini punya daya jelajah hingga 451 kilometer.
Media Test Drive Hyundai IONIQ 5. Foto: Dok. Muhammad Ikbal/kumparanOTO
Penjualan di bulan ini pun katanya sudah mulai ada tanda peningkatan. Beberapa konsumen, sudah banyak yang mengajukan pertanyaan, bahkan melakukan pemesanan. Untuk mengantisipasi adanya lonjakan, pabrikan pun melakukan peningkatan kapasitas produksi.
Erwin mengungkapkan, kapasitas produksi IONIQ 5 sudah ditingkatkan dua hingga tiga kali lipat dari sebelum-sebelumnya. Diharapkan, bisa mencapai 1.000 unit per bulan.
“Harapannya bisa memenuhi permintaan masyarakat. Jangan sampai terlalu lama untuk menunggunya. Kita sudah batasi enam bulan maksimal, konsumen sudah bisa mendapatkan unit yang dipesan. Inquiry sudah 4.000 unit,” pungkasnya.
Dengan masa inden maksimal 6 bulan, maka beli Hyundai IONIQ 5 sekarang bisa mendapatkan unitnya paling lambat di Oktober 2023.
ADVERTISEMENT